Uncategorized

Hadirkan Nuansa Makkah yang Nyata, SMAIT Al Furqon Gelar Manasik Haji

AsSajidin.com, Palembang– Dalam rangka mensyiarkan agama Islam, Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Furqon menggelar kegiatan belajar ” Manasik Haji ” sebagai  bentuk ketaatan yang agung dan ibadah yang mulia. Demikian kata Ustadz Mahyudi Kepala SMAIT Al Furqon kepada AsSajidin Grup, Senin (23/8/2022).

Menurutnya kegiatan ini adalah agenda rutin yang selalu diikuti setiap unit Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang. Mulai dari PG/TK, SD, SMP dan SMAIT, dengan tujuan agar para siswa dapat benar-benar merealisasikan penghambaan dan kesempurnaan ketundukan dan kerendahan diri dihadapan Rabb Azza wa Jalla.

” Semoga dengan pembelajaran ini nanti, anak-anak dapat menerapkanya dikehidupan nyata. Semoga mereka tumbuh dan berkembang serta dapat benar-benar mendapatkan rezeki sehingga bisa menuju Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan haji atau umroh,” ujarnya.

Untuk diketahui, haji mengeluarkan manusia dari kenikmatan dan gemerlap dunia menuju kepada Rabb-nya, meninggalkan harta dan sanak keluarganya, meninggalkan rumah dan tanah airnya, melepaskan pakaian yang biasa ia kenakan dan hanya mengenakan dua helai pakaian (pakaian ihram), tidak mengenakan penutup kepala, merendahkan diri kepada Rabb-nya, meninggalkan wewangian dan istri, melakukan banyak amalan sunnah disela-sela manasik haji dengan hati yang khusyu’, mata yang berlinang air mata, dan lisan yang berdzikir, mengharap rahmat dari Rabb-nya, takut akan adzab-Nya, dan syiar dari semua yang disebutkan diatas adalah:

لبَّیكَ اللھمَّ لبَّیْكَ

(Labbaik Allahumma labbaik).

Maknanya, sesungguhnya aku tunduk kepada-Mu wahai Rabb, aku memenuhi panggilan-Mu, mentaati hukum-Mu dan melaksanakan perintah-Mu.

Talbiyah adalah syi’ar haji. Seorang muslim memulai amalan  haji dengan talbiyah dan berjalan menuju Makkah dengan bertalbiyah hingga tiba di Baitullah kemudian segera melaksanakan thawaf. Setelah itu ia bertalbiyah setiap kali berpindah dari satu rukun ke rukun yang lain dan dari satu manasik ke manasik yang lain. Jika ia berjalan menuju Arafah maka ia bertalbiyah, begitu juga jika ia menuju Muzdalifah dan Mina sampai melempar jumrah aqabah.  Talbiyah adalah syi’ar haji dan yang disunnahkan dalam amalan-amalan manasik.

Baca juga:   Mengoreksi Diri Umat Islam Dalam Menjalankan Ajarannya

Kegiatan manasik haji adalah sebagai miniatur kegiatan haji sebelum pelaksanaan haji yang sesungguhnya. Hal ini mengacu pada perintah dalam Al qur’an QS. Ali Imron 3 : 97 “Ibadah haji merupakan kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi mereka yang mampu melakukan perjalanan ke ka’bah Baitullah. Barangsiapa yang mengingkarinya maka sesungguhnya Allah maha kaya dan tidak memerlukan sesuatu dari alam semesta”. Selain itu juga seperti disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim : “Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasullullah SAW pernah ditanya : Amal apakah yang utama? Nabi menjawab : beriman kepada Allah dan Rasulnya. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Jihad fisabilillah. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Haji yang mabrur

Manasik Haji merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh SMA IT Al Furqon Palembang sebagai bentuk pengenalan ibadah haji kepada peserta didik SMA IT Al Furqon dari sejak dini. Kegiatan manasik haji ini juga dibuat semirip mungkin dengan kegiatan ibadah haji yang sebenarnya, dari mulai memakai pakaian ihram, niat haji, membaca bacaan talbiyah, wukuf, melempar jumroh, sa’i, tawaf dan tahallul.

Baca juga:   Pengumuman Kelulusan Peserta Didik Kelas IX SMP IT Al Furqon Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022

Kegiatan manasik haji bagi peserta didik sangat penting dilakukan sebagai edukasi dini tentang tata cara pelaksanan haji dan umroh sebelum para peserta didik melaksanakan ibadah haji ataupun umroh.  Pengetahuan seputar ibadah haji yang diberikan meliputi syarat, rukun dan wajib haji, akhlak, dan hikmah dari pelaksanaan ibadah haji.

Kegiatan Manasik Haji SMA Islam Terpadu Al Furqon Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diikuti oleh 317 peserta yaitu siswa, guru dan pegawai SMA IT Al Furqon ditujukan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa SMA IT Al Furqon sedini mungkin tentang kewajiban haji bagi setiap muslim tentang ibadah haji seperti mana yang wajib, rukun, sunnah, dan haram saat melaksanakan ibadah Haji. Mendapatkan edukasi mengenai bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci. Sebagai Syiar Islam di lingkungan SMA IT Al Furqon dan sekitarnya. Sebagai sarana taqarrub kepada Allah SWT agar segera dipanggil untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Terakhir semoga dengan kegiatan manasik haji ini dapat memberikan manfaat serta menjadi motivasi untuk kita semua agar dapat menyempurnakan rukun Islam yang ke lima yaitu berhaji. Semoga Allah SWT memberikan ridho dan mengizinkan kita semua untuk pergi ke tanah suci.

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button