NEWS

Pengelola sitalfurqon.com Ikuti Pelatihan Jurnalistik

sitalfurqon.com — Ada pertanyaan yang mendasar, masihkah diperlukan pemberitaan pers di era media digital yang ditandai dengan menjamurnya beragam informasi di media sosial (medsos) saat ini? Sebab, masyarakat sekarang ini begitu mudah memperoleh berbagai informasi hanya dengan meng-kliknya di gadget atau smartphone-nya, sehingga porsi media pers online, apalagi media cetak, tergerus perlahan-lahan. Ternyata jawaban atas pertanyaan diatas, media pers online masih dibutuhkan, bahkan sangat !!. Apa sebab?  Berdasarkan pengalaman para tokoh pers dan ahli digital menyatakan,  produk pers sampai saat ini masih dipercaya oleh publik karena sangat jauh dengan berita dan informasi hoaks alias berita bohong, yang justru masif dibelantara medsos. Publik masih percaya kepada kinerja pers yang produknya sama sekali jauh dari kebohongan karena produk pers ditayangkan berdasarkan kaedah-kaedah jurnalistik, yang pada intinya “mengharamkan” berita atau informasi bohong.

Dalam upaya mempertahankan dan menjunjung tinggi kehormatan pers tersebut, jajaran personil yang akan mengelola dan mengoperasikan  media online sitalfurqon.com   diharuskan mengikuti pelatihan singkat (short course) tentang ilmu jurnalistik terapan yang diberikan oleh wartawan senior Sumsel H. Bangun P Lubis. Sebanyak 24 personil sitalfurqon.com mengikuti pelatihan jurnalsitik dasar tersebut. Mereka mendapatakan materi seperti apa itu berita? news value?  menulis bahasa jurnalistik, peliputan, teeknik wawancara, check and balance, kode etik jurnalistik, hukum pers dan lain-lain. Tujuan pelatihan jurnalistik ini jelas untuk membekali para juru warta etika menyajikan informasi  dan pemberitaan di sitalfurqon.com yang sangat layak dipercaya oleh publik atau nihil hoaks (bohong).

Baca juga:   Tasyakuran Kelas 6 SDIT Al Furqon Palembang Bakal Bertabur Penghargaan Siswa Berprestasi dan Penghafal Alquran

sitalfuroqn.com adalah media online yang dimiliki oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang yang segmentasinya adalah dunia edukasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Para pengelolanya adalah anak-anak muda muslim muslimah yang mengabdi di sekolah yang bermotto membentuk generasi siswa yang “ahli zikir, ahli pikir dan ahli ikhtiar” ini. Media ini nantinya akan diproyeksikan sebagai media konvergensi yang nantinya akan ada channel TV, podcash, radio, media pers cetak dan bentuk platformn digital lainnya, sebagaimana trend media sekarang ini.

Namun demikian, keberadaan sitalfurqon.com ini dimaksudkan sebagai wahana informasi dan komunikasi antara komunitas siswa mulai dari PG/TK/SD/SMP dan SMA, guru dan para orangtua, komite sekolah dan publik, selain itu tentu sebagai wadah informasi berbagai pengumuman, event sekolah yang selama ini bersifat monoton dan searah, tapi dengan adanya sitalfurqon.com ini, maka para siswa, orangtua murid, guru atau lainnya, ketika dia akan membuka sebuah pengumumnan misalnya, maka dia juga bisa mendapatkan banyak informasi dan berita yang tersaji di media online ini. sitalfurqon.com ini adalah miik bersama untuk kepentingan bersama. (*)

Baca juga:   Dampak Media Sosial bagi Dakwah

Editor : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button