NEWS

Tatkala Siswa SDIT Al Furqon Menikmati Sensasi Berkuda di 3D Stable

sitalfurqon.com— Akhir Agustus 2022 lalu, bersyukur sebanyak 145 siswa level 4 SDIT Al Furqon Palembang, berkesempatan melakukan kegiatan ekstra kurikuler yang dikenal dengan kunjungan edukatif (Kutif) ke  Taman Wisata Pacuan Kuda dan Panahan 3D Stabel yang berlokasi di daerah Gandus Palembang. Lebih bersyukur lagi, Kutif yang dibersamai langsung Kepala SIT Al Furqon Ustadz Agus Priyatmono, Kepada SDIT Al Furqon Ustadz Zakiudin dan didampingi juga oleh 10 orang guru, itu, dijamu langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Herman Deru, masya Allah !! Kutif yang kosong selama dua tahun lantaran pandemi ini, bersejarah sekali dan istimewa.

Maka tak pelak lagi, ratusan siswa berseragam pakaian olahraga biru-biru ini begitu bahagianya dapat bercengkrama langsung dengan orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini. Apalagi Pak Gub—demikian biasa dipanggil—bincang-bincang akrab, santai, senyum bagaikan seorang kakek dengan cucu-cucunya.

“Bawak makanan apa kalian kesini,” tanya Pak Gub dengan senyum khas-nya.

Semua siswa bersemangat menjawab pertanyaan orang nomor satu di provinsi ini,

“Banyak, ada nasi goreng, rumput laut, sosis dan lain-lain”.

Lantas Pak Gub yang juga kakek dari Mandala, salah satu siswa SDIT Al Furqon ini, juga berpesan, “anak-anak terus semangat belajarnya karena ini banyak sekali yang dapat kalian ketahui, silakan ikuti instruksi ustadz dan bunda serta kakak pemandu 3D Stable, silakan bermain dan mencoba apa pun yang ingin kalian ketahui”.

Anak-anak siswa “bercengkrama” dengan kuda di 3D Stabel Gandus.

 

Kutif yang berlangsung, Kamis , 25 Agustus 2022 dan bertemakan “Pelajaran Selalu Berhemat” ini, memang sengaja diprogram memilih lokasi 3D Stable.

Ini salah satu agenda rutin yang ada di kalender pendidikan SDIT Al Furqon Palembang bagi seluruh siswa level 4.

Baca juga:   Meriahnya Event P5 Kurikulum Merdeka Siswa SDIT Al Furqon Palembang

Kutif merupakan alternatif pembelajaran yang menarik bagi siswa dan bernuansa rekreatif tentunya serta merupakan bagian kegiatan pembelajaran secara langsung (rill) yang dilakukan di luar sekolah secara berkelompok menuju sebuah lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Gubernur H. Herman Deru berpesan kepada siswa agar memanfaatkan fasilitas 3D Stabel ini untuk pengetahuan.

 

Soal tujuan Kutif ini sendiri, jelas Kepala SDIT Al Furqon  Palembang, Ustadz Zakiudin, S.Pd.I, adalah untuk membekali siswa dengan kegiatan pembelajaran secara nyata  di lingkungan luar sekolah.

“Kutif ini sebelumnya dilakukan setiap tahunnya karena menjadi agenda di kalender pendidikan SDIT Al Furqon Palembang, namun setelah terjadi pandemi beberapa tahun terakhir, ini dilakukan kembali. Bertujuan agar siswa belajar secara langsung dari lingkungan,”  kata Ustadz Zakiudin.

3D Stable yang berada di Jalan Talang Kepuh, Kecamatan Gandus, Kota Palembang ini, selain mudah dijangkau, juga sangat pas dengan kebutuhan anak akan ruang terbuka hijau sembari bermain-main dengan kuda dan aneka flora di sana.

Penanggung jawab Kutif Level 4 yaitu Bunda Fifin Yuhelmi,S.Pd menambahkan lokasi 3 D Stable ini memiliki fasilitas dan wahana pengetahuan untuk anak-anak seperti perkembang-biakan beberapa hewan kuda, rusa, ayam, dan jenis hewan lainnya.

Seorang siswa dengan senyum gembira berpose diatas kuda.

 

Selain itu, tambah Bunda Fifin, anak-anak bisa mendapat pengetahuan tentang cara berkuda dan memberi makan hewan dan juga mempelajari pengetahuan tentang hasil perkebunan tanaman hidroponik kemudian juga belajar olahraga Panahan, yang memang ada dalam hadist Nabi Muhammad Saw.

Menikmati sensasi berkuda di 3D Stable  Gandus ini memang sangat menyenangkan. Saat ini di kota Palembang, bisa dihitung dengan jari, tempat pacuan kuda seperti 3D Stable yang memiliki lahan 1800 meter persegi ini dengan fasilitas tribun penonton.

Baca juga:   Ayo Ngaji di Sanggar Alquran Gratis  SDIT Al Furqon Palembang dan Yatim Mandiri

Pasir-pasir yang ada di arena pacuan pun didatangkan langsung dari Bangka. Jadi, saat kuda berlari ataupun terjatuh, kaki kuda tersebut akan terbenam atau mantap di arena pacuan. Tentunya, hadirnya fasilitas tersebut membuat 3D Stable menjadi pacuan kuda berkelas nasional.

Selain bisa belajar berkuda, di 3D Stable yang berdiri pada 22 Maret 2021 lalu bisa menjadi destinasi wisata bagi keluarga dan edukasi bagi anak-anak yang ingin mengenal hewan tersebut.

Di tempat tersebut, terdapat pony horse atau kuda pony yang bisa mengajak anak-anak untuk berkeliling menikmati suasana 3D Stable yang cukup asri, karena dikelilingi berbagai macam tanaman dan sayuran organik.

Owner 3D Stable Palembang, Leriva, mengatakan kehadiran 3D Stable itu merupakan alternatif untuk pecinta kuda menyalurkan aktivitas berkuda. Di tempat ini sendiri memiliki 19 kuda. Mulai dari warmblood, generasi dan lokal.

“Selain itu, bagi yang ingin menitipkan (kuda) boleh di 3D Stable. Di sini juga tersedia dokter hewan yang standby untuk mengawasi dan memberikan vitamin ke kuda-kuda yang ada,” ujar Leriva sembari menambahkan setiap pengunjung yang menikmati berkuda di 3D Stable dipinjamkan perlengkapan helmet, boots, gloves dan pendamping selama berkuda,” tutup dia.

Jadi 3D Stable yang menjadi lokasi Kutif SDIT Al Furqon Palembang tahun 2022 ini, benar-benar layak sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak. Semoga ada anak-anak SDIT Al Furqon Palembang ini, berminat menjadi atlit berkuda di masa depannya.(*)

Editor : Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button