NEWS

Berbuat Baiklah, Tanpa Harus Mengharapkan Apapun Dari Orang Lain

sitalfurqon.com— Jangan mengharap-harap apapun dari makhluk, meskipun makhluk tersebut pejabat, orang kaya, dermawan atau suka menolong, maka jangan sekali-kali mengharap dari makhluk, karena itu hanya akan merusak harkat dan martabat sebagai manusia. Gantungkanlah diri kepada Allah bukan kepada manusia yang lemah.

Tanpa disadari kadang-kadang kita kerap kali menyapa orang lain dengan mengharap kita diberi sesuatu oleh orang tersebut. Makanya kalau menyapa orang lain suka pilih-pilih, mana kira-kira berpotensi untuk memberi kepada kita. Bukan berarti kita tidak boleh menyapa, namun jangan menyapa orang lain hanya karena ada udang dibalik batu atau badak dibalik kerikil.

Kalau kita mau baik ke orang lain dan mau menolong orang lain maka lakukanlah dengan tulus tanpa mengharapkan apapun. Sekalipun kita berharap agar diingat dan dibantu kembali oleh orang lain, karena kalau mengharap hal tersebut akan menjadikan kita kecewa suatu saat.

Baca juga:   Ulama Kharismatik Palestina Syeikh Loasi A.L. Arnajjar Isi Materi Pesantren Ramadan 1444 H  SMAIT Al Furqon Palembang

Tolonglah orang lain karena memang kita senang membantu orang lain, tidak perlu ada motif dan keinginan lain. Kalau ada yang meminta tolong untuk diantarkan ke toko mas, jangan berharap agar kita diberi hadiah emas juga, kalau berharap kemudian orang tersebut tidak memberi emas, kita mau apa? Ujung-ujungnya kita pasti kecewa dan jengkel.

Allah melihat isi hati kita, kalau mau tawakal sekalian pul tawakalnya kepada Allah, jangan setengah-setengah. Jangan mengharapkan apapun termasuk ucapan terimakasih, yakinlah kepada Allah bahwa setiap kebaikan yang dilakukan pasti akan mendapat pahalanya dari Allah Ta’ala dan hanya menunggu waktu saja.

Baca juga:   Update Donasi Palestina SIT Al Furqon Palembang Tembus Rp 227 Juta Lebih

Termasuk salah satunya jangan menghiba cinta, meminta agar orang lain agar mencintai kita. Sungguh itu sesuatu yang tidak perlu dilakukan, karena Allah yang membolak balikan hati seseorang. Kalau kita sudah dicintai Allah maka hidup kita akan tenang tidak mengharapkan cinta yang lain. Jangan mengharapkan cinta kepada yang lain, yang membuat kita lupa mencintai Allah.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rosullulah Salallahu ‘alaihi salam bersabdah: “Siapa yang memberikan jaminan kepada-Ku bahwa dia tidak akan meminta sesuatu kepada orang lain. Maka, Aku juga menjamin untuknya surga.” (HR Abu Daud dan Hakim) (KH. Abdullah Gymnastiar) dinukil dari daaruttauhid.org. (*)

Uploader : Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button