EDUCATIONSAHABAT

Kontribusi dan Kolaborasi JSIT Untuk Kemajuan Negeri

SIT AL-FURQON PALEMBANGKehadiran Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) harus mampu mendongkrak mutu pendidikan di tanah air. Hal ini dikarenakan mutu pendidikan di suatu negara akan sangat menentukan maju atau mundurnya bangsa tersebut.

Dalam konteks ini, sekolah – sekolah yang tergabung dalam JSIT harus mampu melahirkan inovasi – inovasi dalam meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Adapun JSIT sendiri sebagai sebuah organisasi yang menaungi Sekolah – Sekolah Islam Terpadu akan semakin mengokohkan perannya sebagai mitra strategis bagi pemerintah untuk bersama – sama memajukan pendidikan di tanah air.

Itulah yang diungkapkan oleh Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Barat, H. Aep Syarifuddin, S.Si., MT dalam acara Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Barat pada tanggal 29 – 30 Juni 2022 lalu. Acara yang berlangsung di Lembah Sarimas Hotel Kabupaten Subang tersebut mengambil tema “Menguatkan Peran Pemberdayaan dan Kolaborasi Untuk Indonesia Maju”.

Tema kegiatan tersebut seakan memberikan pesan kepada seluruh insan – insan pendidikan tentang pentingnya partisipasi serta kerjasama seluruh pihak dalam upaya memajukan negeri ini melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut berhasil melahirkan berbagai program kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Berbagai program strategis yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan di tanah air dipresentasikan oleh masing – masing bidang. Seluruh peserta yang hadir pun diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya ataupun rekomendasi demi kemajuan roda organisasi ke depannya.

Baca juga:   Tolong Menolonglah Kalian dalam Kebaikan

Adapun mutu lulusan menjadi perhatian utama dalam penyelenggaraan proses pendidikan di sekolah – sekolah anggota. Dalam hal ini kompetensi tenaga pengajar menjadi kunci terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas. Untuk itu berbagai kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kompetensi guru menjadi program wajib bagi sekolah – sekolah anggota.

Kehadiran Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) JSIT memiliki peran yang sangat strategis dalam mendongkrak kompetensi para guru. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara tatap maya maupun daring secara rutin dilaksanakan oleh lembaga tersebut.

Untuk menyambut tahun ajaran baru mendatang misalnya, JSIT menyelenggarakan pelatihan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah – Sekolah Islam Terpadu. Kegiatan yang diikuti oleh para guru yang tergabung dalam anggota JSIT tersebut diharapkan mampu membantu guru dalam mengimplementasikan kurikulum baru di sekolahnya masing – masing.

Di sisi lain, JSIT Indonesia benar – benar menyadari pentingnya kolaborasi dalam upaya membangun negeri. Untuk itu, selain mempererat kemitraan dengan pemerintah (dalam hal ini Kemendikbud), komunikasi serta kerjasama dengan lembaga lain pun terus dijalin. Kehadiran Bidang Organisasi Profesi JSIT diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi kemajuan pendidikan melalui kemitraaan strategis dengan berbagai organisasi profesi yang ada saat ini.

Baca juga:   Ratu Leriva HD: Masa Kecilku yang Indah

Tidak hanya itu, pembentukan Bidang Kelembagaan Orangtua juga menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan partisipasi orangtua dalam menindaklanjuti proses pendidikan yang dilakukan oleh guru di sekolah. Proses pendidikan akan berjalan secara parsial apabila orangtua tidak diberikan porsi yang semestinya dalam menjalankan kewajibannya.

Selain melakukan berbagai ikhtiar sebagaimana dijelaskan di atas, JSIT Indonesia terus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak atau lembaga yang sama – sama memiliki misi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu kemitraan pun terus dibangun dengan berbagai pihak.

Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi profesi, sampai dengan para praktisi serta dunia usaha. Kerjasama yang terjalin dengan baik tersebut diharapkan mampu melahirkan generasi unggul berkarakter dan siap untuk memajukan Indonesia. (Koran Pasundan Ekspress Edisi 12 Juli 2022)

Oleh : Ramdan Hamdani (Pengurus JSIT Indonesia Wilayah Jawa Barat)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button