Uncategorized

Pesantren Kilat Ramadhan 1440 H SD Islam Terpadu Al Furqon Palembang

SDIT AL FURQON PALEMBANG – Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah.Pesantren kilat (sanlat) Ramadhan terpadu adalah salah satu agenda tahunan SD Islam Terpadu Al Furqon. Seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa SD Islam Terpadu Al Furqon.Kegiatan Pesantren kilat (sanlat) ramadhan di laksanakan selama satu minggu yang dimulai pada tanggal 20 – 24 Mei 2019.

Pesantren kilat (sanlat) ramadhan ini di awali dengan flash mob penyambutan bulan suci ramadhan yang dilaksanakan menjelang ramadhan yaitu pada tanggal 29 April 2019 di kawasan Jln. R Sukamto sebagai bentuk syiar dan saling mengingatkan kepada sesama dan masyarakat sekitar.

Baca juga:   Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyambut Perubahan Kurikulum

Selain itu,kegiatan pesantren kilat (sanlat) ramadhan ini berisi materi-materi yang menarik seperti: Belajar Baca Al Qur’an (BBQ), Murajaah Hafalan Al-Qur’an, Shalat Dhuha, Materi Ramadhan, Hafalan Hadits, Hafalan Do’a, Praktek Shalat Hari Raya Idul Fitri, Cerita Islami, Pelatihan KoKoRu, Nonton Film Islami dan Pembuatan Parcel.

Dan juga pesantren kilat (sanlat) mengadakan Lomba-lomba: Lomba Adzan, Lomba, Tahfidz Al-Qur’an, Lomba Kaligrafi, Lomba Olimpiade PAI, Lomba Da’ dan lain sebagainya.

Selain kegiatan sanlat ini berisi materi keislaman, sanlat tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana diadakan lomba-lomba untuk menyaring bakat dan kemampuan anak-anak. Kemudian diakhir kegiatan, ada bakti sosial (Baksos) kegiatan bakti sosial  yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan berbagi kebaikan terhadap sesama saudara dalam bentuk uang, bahan-bahan sembako, pakaian, buku-buku, dan lain sebagainya, dan parcel di berikan kepada panti dan tempat terkena musibah dan menjelang sore untuk siswa kelas 4,dan 5, diwajibkan mengikuti ifthor jama’I (buka bersama) yang dilanjutkan dengan mabit (menginap bersama) di sekolah.  Didalam mabit ini nanti akan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti sholat isya dan tarawih berjama’ah, tausiyah agama, penampilan nasyid dan teater, sahur bareng, dan sebagainya.

Baca juga:   Begini Mendidik Anak Secara Islam

Semoga kegiatan ini meski dilaksanakan dalam waktu singkat dapat memberikan yang terbaik tata cara berpuasa menambah wawasan, dan dapat membentuk karakter islami  menjadikan ahli fikir ahli zikr dan ahli iktiyar. (*Abdul Hadi, S.Pd.I)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button