PRESTASI KAMIUncategorized

Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMP IT Al Furqon Palembang

SMP Islam Terpadu Al Furqon Palembang – Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia. Hal itu disampaikan Dra. Hj. Wahyuni Aprianati, M.Pd. Sabtu, 17 September 2022.

Melanjutkan pelatihan pekan sebelumnya, SMP Islam Terpadu Al Furqon Palembang kembali melaksanakan pelatihan yakni Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Ruang Meeting PT Penerbit Erlangga. Kurikulum merdeka belajar adalah kebijakan pengembangan yang dikeluarkan Kemendikbudristekdikti untuk pembelajaran peserta didik di sekolah.

Kebijakan merdeka belajar menjadi langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia yang memiliki profil pelajar pancasila.
Ibu Dra. Hj. Wahyuni Aprianti, M.Pd selaku narasumber dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini mengatakan, “Kurikulum harus ditinjau ulang 10 tahun sekali agar Ilmu Pengetahuan selalu dinamis.” Terkait dengan hal itu Kurikulum merdeka memiliki P5 yaitu Projek, Penguatan, Profil, Pelajar, dan Pancasila yang memiliki manfaat;

1. Menciptakan Belajar Lebih Menyenangkan
Seperti yang kita tahu, bahwa guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan di Indonesia dan mejadi garda terdepan untuk membentuk masa depan bangsa. Namun sayanngnya proses pembelajaran di sekolah tekadang membosankan bagi guru maupun peserta didik. Dengan adanya program merdeka belajar diharapkan suasana kelas mejadi menyenangkan. Hal itu tentu mempengaruhi kualitas pembelajaran sehingga dapat menjadi lebih baik.

Baca juga:   Agus Sarwo Peni

2. Bebas Berekspresi
Merdeka dalam belajar mempunyai maksud untuk mengeluarkan kebebasan berekspresi bagi guru maupun peserta didik di sekolah. Dimana teciptanya lingkungan sekolah yang bebas dari berbagai hambatan dan tekanan psikologis, khusunya pada guru yang memiliki kemerdekaan mengajar pada peserta didiknya, sehingga guru dapat lebih fokus dalam memaksimalkan potensinya untuk mencerdaskan anak bangsa.

3. Meningkatkan Kompetensi Guru
Kompetensi Guru masih belum merata, dimana masih banyak ketimpangan yang tejadi di daerah tetentu. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan terus menerus untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga kompetensi yang baik dapat merata di semua daerah.

Baca juga:   Muhammad Mirza, Juara Gaya Bebas Se Sumatera

Pelatihan guru ini ditutup dengan rasa sukacita karena para peserta dapat memahami Kurikukulum Merdeka Belajar dengan baik, karena sebelumnya beberapa guru merasa khawatir dengan banyaknya jumlah jam mengajar pada kurikulum ini, tapi setelah dijelaskan dengan baik oleh pembicara akhirnya semua peserta merasa lega dan siap menyongsong kurikulum baru dengan semangat dan bahagia.

Pelatihan pekan ini dihadiri juga oleh kepala Cabang Sumbagsel PT. Erlangga, Bapak Tagor Gurning, SP, Pengawas SMP dan Asrama SIT Al Furqon, Bapak H. Chairil Abdillah, SE, dan Kepala SMP IT Al Furqon, Bapak Sunyoto, S.Pd yang sekaligus menutup agenda pelatihan pada hari ini. Pada akhir acara diadakan penyerahan Plakat kepada Pembicara dan Pihak PT. Erlangga yang telah mendukung agenda ini.
Semoga dengan pelatihan ini guru dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri sehingga tercapainya pendidikan yang berkarakter dan berjiwa Pancasila.

Reporter: Athiqah Rifqi

Editor : Acep Kusmana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button