NEWS

Night Study Club, Program Inovasi SDIT Al Furqon Palembang, Ternyata Ini Manfaatnya  

sitalfurqon,com—Motto “ Inovasi Tiada Henti” sangat pantas ditujukan kepada para pengasuh SDIT Al Furqon Palembang. Di akhir pekan di penghujung September 2022 lalu,  Sekolah Penggerak di kota pempek ini, kembali menyelenggarakan kegiatan Night Study Club (NSC) atau Klub Belajar Malam yang sudah dua tahun vakum. NSC ini merupakan brand khas milik SDIT Al Furqon Palembang yang merupakan sebuah inovasi edukatif dan terobosan jitu yang tidak dimiliki oleh sekolah lain yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini.

“Hanya sekolah kita yang ada kegiatan Night Study Club ini, tidak ada di sekolah-sekolah lain,” ungkap Kepala SDIT Al Furqon Palembang Ustadz Zakiudin kepada 130 siswa Kelas VI yang ikut Klub Belajar Malam, Sabtu, 30 September 2022.

NSC ini merupakan rangkaian agenda kegiatan edukasi yang dilakukan oleh siswa kelas VI SDIT Al Furqon Palembang. Kali ini ada 130 siswa yang ikut dan mereka menjalani beberapa mata acara mulai dari kedatangan di hari Jumat, 29 September 2022 sekira pukul 16.30 Wib dan mengisi malam-malam dengan berbagai kegiatan hingga keesokan harinya Sabtu pagi jelang kepulangan.

Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Ustadz Zakiudin memberi semangat kepada para siswa yang akan menjalani kegiatan NSC ini. Dikatakan, kegiatan NSC ini sudah kurang lebih 2 tahun tidak dilaksanakan dan pada tahun pelajaran 2022-2023 NSC sudah kembali dilaksanakan seperti saat ini.

Baca juga:   Anugerah Terindah Bagi SIT Al Furqon Palembang, Ustadz Fikri Irawan, S.Kom Raih Gelar Al Hafidz 30 Juz Alquran

“Ustadz minta para siswa   dapat menikmati serta bersenang-senang (happy) saat mengikuti belajar malam, kemudian tertib dan patuh mengenai apa-apa yang diarahkan oleh wali kelasnya,” pesan Ustadz Zakiudin yang bersama para ustadz dan bunda juga ikut bermalam di sekolah yang terletak di Jalan R. Soekamto Palembang ini.

NSC ini memang besar manfaatnya bagi para siswa, sebab selain belajar aktif dan fokus mata pelajaran normatif seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, yang merupakan modal utama untuk sukses lulus Ebtanas, juga yang tak kalah manfaatnya adalah pelajaran life skills, keterampilan mengarungi kehidupan nyata, seperti sesama teman sekamar harus saling berbagi, menumbuhkan kebersamaan, bertenggang rasa, berlapang dada, tidak saling mem-bully, dan saling menjaga ketertiban lingkungan agar kegiatan tersebut tidak mengganggu tetangga yang berdekatan dengan sekolah.

Dan semua itu, memang sudah dipesankan oleh Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Palembang Ustadz Zakiudin kepada para siswa. Dikatakan, para   siswa untuk berteman baik, saling berbagi serta hindari bully kepada teman.

Baca juga:   SIT Al Furqon Palembang Serahkan Donasi Dermawan Gempa Turki dan Suriah Rp 38 Juta Lebih  

“Siswa kiranya menjaga attitude serta tidak membuat keributan dilingkungan sekolah apalagi diarea sekolah juga banyak dihuni warga masyarakat sehingga jika terjadi keributan tentunya akan mengganggu kenyamanan masyarakat,” ucap Ustadz Zakiudin.

NSC juga bermanfaat untuk melatih dan membiasakan anak didik sholat tepat waktu dan mendirikan sholat malam tahajjud di masjid. Lalu ada juga tausiyah dari Ustadz Syahrul Ikhsyan.

Program NSC ini yaitu dalam rangka mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian sekolah serta sebagai upaya membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab bagi siswa kelas VI.

Selain itu dalam sesi penutupan acara NSC telah disiapkan pula stand PPDB SMP IT Al Furqon Palembang guna mempromosikan kepada wali siswa kelas 6 jika berminat melanjutkan pendidikan anaknya di SMP IT Al Furqon Palembang, sejauh keterangan yang ada ternyata banyak wali siswa kelas 6 yang  percaya kualitas pendidikan di SIT Al Furqon sehingga banyak wali siswa yang mendaftarkan anaknya di SMP IT Al Furqon Palembang.(*)

Reporter : Kiki Wijayanti

Editor     : Aspani Yasland

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button