NEWS

Cerianya Praktikum Biologi Siswa SMPIT Al Furqon Palembang Bersama Bunda Dina

 

sitalfurqon.com— Bunda Nonna Dina Izmiralda, S.Si adalah Guru Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pada SMPIT Al Furqon Palembang. Sebagai seorang guru sekaligus pendidik, dia faham betul bahwa siswa tidak harus disuguhi masalah teori melulu, namun juga harus diimbangi dengan praktek langsung, terutama mata pelajaran Biologi.

Sebab dengan praktek langsung di Laboratorium, para siswa dapat membuktikan dengan kasat mata seputar bahan-bahan teori yang sudah didapatkan sebelumnya.

Biologi, demikian kata Bunda Dina, sangat membutuhkan latihan praktikum bagi siswa, karena termasuk mata pelajaran sains yang memang perlu pembuktian secara ilmiah.

Namun demikian, lanjut Guru Biologi SMPIT Al Furqon ini, praktikum biologi juga harus dikreasikan juga agar bisa menimbulkan semangat dan keceriaan  anak-anak yang melakukan praktikum.

Dan, apa yang diterapkan Bunda Nonna Dina Izmiralda terbukti ketika anak-anak siswa Kelas 8 SMPIT Al Furqon Palembang ini, melaksanakan praktikum biologi, Kamis, 28 Oktober 2022 silam.

Baca juga:   Membanggakan, Siswa SMPIT Al Furqon Meraih 2 Juara Nasional dan 7 Juara Provinsi di Event AFC 2023

Topik yang diambil adalah praktikum uji bahan makanan di laboratorium biologi. Bunda Dina selaku guru mata pelajaran IPA mengatakan bahwa tujuan dari praktikum uji bahan makanan tersebut adalah untuk mengetahui kandungan yang ada pada bahan makanan. “Apakah di dalam bahan makanan tersebut mengandung protein, amilum/pati dan glukosa”, tambah Bunda Dina.

Pada tahap awal, Bunda Dina mengajak siswa untuk mempersiapkan bahan-bahan praktikum, berupa nasi, sosis, tahu, telur rebus, roti tawar dan air gula. Sementara itu, alat-alat praktikum yang digunakan  adalah tabung reaksi dengan raknya, pipet tetes, cawan petri, mortal, spatula, pembakar bunsen, penjepit tabung reaksi, kertas buram, korek api, dan tisu.

Selanjutnya, langkah-langkah uji makanan dari berbagai jenis bahan makanan dapat meliputi uji amilum, lemak, glukosa, dan protein.

Langkah pertama, ambil bahan makanan yang sudah dipersiapkan kemudian dihaluskan. Letakkan bahan makanan yang sudah diproses ke cawan petri. Beri label untuk masing-masing bahan makanan. Kemudian, tetesi lugol atau kalium iodida, lalu amati perubahan warna yang terjadi dan catat hasilnya.

Baca juga:   SIT Al Furqon Palembang Serahkan Donasi Dermawan Gempa Turki dan Suriah Rp 38 Juta Lebih  

Di akhir praktikum, masing-masing kelompok siswa akan mempresentasikan hasil pengamatan ke depan kelas. Kemudian, kelompok yang lainnya akan memberikan komentar dan saling berdiskusi untuk membahas hasil pengamatan masing-masing kelompok.

Bunda Dina menambahkan selama praktikum biologi, siswa-siswa terlihat sangat antusias, semangat dan ceria. Selanjutnya, Bunda Dina berharap semoga praktikum biologi ini tidak hanya menambah pengetahuan bagi siswa dalam uji bahan makanan, namun juga bisa menumbuhkan keterampilan dalam pengamatan, diskusi dan kerja sama dalam kelompok. Semoga, anak-anak ini kelak menjadi peneliti sains dan teknologi yang membanggakan. (*)

 

Reporter : TW

Editor     :  Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button