NEWS

Mengamati Perubahan Wujud Zat di Laboratorium IPA SMPIT Al Furqon Palembang

sitalfurqon.com — Dalam kehidupan sehari-hari, kita terkadang tidak menyadari bahwa di sekitar lingkungan kita telah terjadi peristiwa alami yang disebut dengan perubahan wujud zat. Misalnya saja, kenapa air yang wujudnya cair, bisa membeku jadi ketika dimasukan dalam lemasi pendingin atau gula yang berupa kristal bisa mencair tatkala dilarutkan, diaduk  kedalam air panas sewaktu membuat teh manis. Dan banyak lagi, perubahan wujud zat terjadi dari padat ke cair, cair ke gas dan sebaliknya. Sejatinya fenomena perubahan tersebut adalah sunnatullah, namun dapat dipelajari dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

.
Perubahan wujud zat merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh siswa kelas VII SMP pada mata pelajaran IPA. Agar siswa dapat memahami materi perubahan wujud zat dengan maksimal dan dapat memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, maka Bunda Lucky Yunita Syahma, S.Si., selaku guru IPA Fisika di SMP Islam Terpadu (IT) Al Furqon Palembang mengajak seluruh siswa kelas VII untuk melihat langsung perubahan wujud zat melalui kegiatan praktikum di laboratorium IPA.

Baca juga:   Sebuah Refleksi 20 Tahun SIT AL Furqon Palembang : Pengabdian Tanpa Batas

Bunda Lucky mengatakan bahwa tujuan dari praktikum perubahan wujud zat tersebut adalah untuk mengetahui beberapa perubahan yang terjadi pada suatu zat. “Wujud zat dapat berupa cair, gas, atau padat. Pada kondisi tertentu suatu zat tidak bisa mempertahankan bentuknya. Itulah sebabnya bisa mengalami perubahan wujud seperti berubah warna, berubah bentuk, dan muncul bau atau aroma lain dari wujud sebelumnya”, tambah Bunda Lucky.

Saat berbincang dengan tim smp.sitalfurqon.com, pada Jumat, 18 November 2022, Bunda Lucky menjelaskan bahwa tahap awal praktikum adalah mempersiapkan alat dan bahan, berupa kapur barus, spiritus, korek api, kaki tiga dan kasa, tabung reaksi atau kaleng permen, kertas karton, piring plastik, dan penjepit kayu.

Selanjutnya, Bunda Lucky mulai membagikan lembar pengamatan dan menjelaskan kepada siswa langkah-langkah praktikum perubahan wujud zat, yaitu:

  1. Masukkan kapur barus ke dalam tabung reaksi
  2. Tutup dengan karton
  3. Letakkan tabung reaksi di atas kasa dan kaki tiga
  4. Panaskan tabung dengan menggunakan spiritus dan korek api
  5. Tunggu beberapa menit
  6. Amati perubahan yang terjadi
  7. Isilah tabel pengamatan yang ada
  8. Matikan spiritus
  9. Letakkan tabung reaksi ke dalam piring yang diisi air, tunggu beberapa menit
  10. Amati perubahan yang terjadi
  11. Isilah tabel pengamatan yang ada
Baca juga:   Personality yang Mendukung dalam Membina Relasi yang Positif

Di akhir praktikum, masing-masing kelompok siswa akan mempresentasikan hasil pengamatan ke depan kelas. Kemudian, kelompok yang lainnya akan memberikan komentar dan saling berdiskusi untuk membahas hasil pengamatan masing-masing kelompok.

“Alhamdulillah siswa-siswa terlihat sangat antusias dan aktif dalam melakukan praktikum. Bahkan siswa-siswa mengaku merasa senang dan seru karena praktikum ini merupakan pengalaman baru bagi mereka,” ujar Bunda Lucky kepada tim smp.sitalfurqon.com ketika menjelaskan respon siswa-siswa selama pelaksanaan praktikum. (*)

Reporter : TW

Editor     : Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button