NEWS

IPB University Goes To SMAIT Al Furqon Palembang

sitalfurqon.com– Siapa yang tak kenal dengan IPB? Nyaris semua pelajar tamatan sekolah menengah atas berangan-angan kuliah di perguruan tinggi “Ten Top” ini. IPB memang salah satu universitas bergengsi di tanah air ini. Namun ternyata tidak semua pelajar bisa masuk ke perguruan tinggi yang sekarang bernama IPB University ini.

Oleh karena itu, untuk memberikan wawasan dan panduan kepada para pelajar yang ingin kuliah di kampus yang berada di kota Bogor Jawa Barat ini, Ikatan Mahasiswa IPB melakukan road show dengan tajuk, “ IPB Goes To School” yang kali ini, tepat Senin, 9 Januari 2023, bertandang ke SMAIT Al Furqon Palembang.  Jadilah, IPB Goes To SMAIT Al Furqon, Palembang.

Tentu kedatangan para mahasiswa IPB University yang mengenakan jaket almamater yang keren ini, mendapat sambutan hangat para pelajar SMAIT Al Furqon, Palembang. Mereka antusias mendengarkan paparan para “kakak kelas” nya seputar keunggulan kampus IPB University dan bagaimana cara masuk dan bisa kuliah disitu.

Satu hal yang menarik dari utusan Ikatan Mahasiswa IPB ini adalah bahwa kampus IPB sekarang tengah membuka  Fakultas Kedokteran Umum. Jadi bukan semata-mata lagi kampus dunia pertanian.

Dalam paparannya, IPB akan membuka Fakultas Kedokteran Umum. Hal ini dilatarbelakangi bahwa IPB  University dan dunia kesehatan memiliki keterkaitan yang erat, terlihat dari inovasi dan riset yang dilakukan oleh civitas IPB University yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Baca juga:   Hadiri Wisuda Ke-9 dan Tahfidz SMAIT Al Furqon Palembang, Inilah Harapan Gubernur Herman Deru  

Selanjutnya, pembukaan fakultas baru ini dilatar-belakangi belum meratanya dokter di wilayah Indonesia, serta minat lulusan SMA yang masih sangat tinggi untuk menjadi dokter.

Keunggulan Fakultas Kedokteran yang akan didirikan oleh IPB University yaitu pendidikan dokter agromaritim berbasis one health. Sampai saat ini proses pendirian Fakultas Kedokteran IPB University sudah mencapai pembahasan di Senat Akademik IPB University.

Sebagai informasi bahwa Institut Pertanian Bogor adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang secara historis merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai telah pada awal abad ke-20 di Bogor.

IPB saat ini berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor , Jawa Barat. Sebelum Perang Dunia II, lembaga-lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama Middelbare Landbouwschool Buitenzorg (Sekolah Menengah Pertanian), Middelbare Bosbouwschool Buitenzorg (Sekolah Menengah Kehutanan) dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool (Sekolah Kedokteran Hewan Hindia Belanda).

Lahirnya Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disahkan oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965.

Baca juga:   Update DONASI PALESTINA / Pray Gaza SIT Al FURQON PALEMBANG

Pada saat itu, dua fakultas di Bogor yang berada dalam naungan Universitas Indonesia (UI) berkembang menjadi lima fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan.

Pada tahun 1964, lahir Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang kini menjadi Fakultas Teknologi Pertanian.  Pada tahun 1980 IPB membangun laboratorium raksasa di Bukit Daham Ilnuris, Singasari, Jonggol seluas kurang lebih 200 hektare.

Saat ini, kawasan tersebut terbagi dua yaitu 169 hektare untuk UP3J milik Fakultas Peternakan Melalui SK Rektor no. 020/Um/1993 dan 70 hektare Kebun Pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Pertanian. Kawasan ini memiliki fungsi sebagai sarana penunjang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, penyuluhan bidang peternakan atau pertanian secara umum.

Pada tanggal 26 Desember 2000, pemerintah Indonesia mengesahkan status otonomi IPB berdasarkan PP No. 152. Semenjak itu, IPB merupakan perguruan tinggi berstatus badan hukum milik negara (BHMN). Pada tahun 2005, IPB menerapkan sistem mayor-minor sebagai pengganti sistem kurikulum nasional.

Sistem ini hanya diterapkan di IPB. Setiap mahasiswa IPB dimungkinkan mengambil dua atau bahkan lebih mata keahlian (jurusan) yang diminatinya. Pada pertengahan tahun 2019, IPB secara resmi berubah nama menjadi IPB University. (*)

Sumber : smasitalfurqon.com

Editor    :  Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button