NEWS

Bekal Bekerja di SIT Al Furqon Palembang

sitalfurqon.com – Sudah menjadi tradisi profesional, setiap calon guru dan pegawai yang akan bekerja di jajaran Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang harus mengikuti pelatihan khusus sebagai bekal dan pegangan untuk mengabdi di lembaga pendidikan ini.

Setelah mendapatkan materi dari Bunda Salamah “Etika Kerja dan Profesi” serta tausiyah dari Bunda Ismiranti seputar Istiqomah Hijrah, kini para peserta Pelatihan Guru Dan Pegawai Baru SIT Al Furqon mendapat materi dari Ustadz Mukarrom, M.Pdi, Jumat, 10 Februari 2023.

Kepada para guru dan pegawai baru tersebut, Ustadz Mukarrom memberikan bekal seputar kondisi Umat Islam sekarang ini. Setidaknya, kata Mukarrom, ada lima prolema yang dihadapi umat islam sekarang ini, yang memerlukan perhatian serius dan solusi untuk mengatasinya.

Secara rinci Ustadz Mukarrom menyatakan lima problematika umat islam :

 1.Problematika Iman.

Kita sebagai ummat Islam seringkali mendapatkan persoalan disebabkan perkara Iman. Seberapa banyak orang yang tidak memunyai rasa malu, lalu terjerumus dalam keadaan yang buruk. Perkara imannya yang lemah.

  1. Problematika Pemahaman terhadap Islam
Baca juga:   BERITA FOTO : Meriahnya Perhelatan "Al Furqon Competition"

Banyak diantara kita yang memahami Alquran dan Sunnah tidak secara utuh, hanya memahami secara parsial, tidak ada guru yang membimbing sehingga mengamalkan islam semaunya saja.

  1. Problematika Ekonomi

Kekurangan harta seringkali menyebabkan seseorang tak kuasa menolak ajakan untuk berpindah keyakinan. Mereka rela menggadaikan aqidah hanya demi mengganjal perut yang lapar atau sekedar mengatasi kesulitan hidup yang sebetulnya hanya sesaat.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Na’im:

Kemiskinan itu dekat kepada kekufuran.”

Oleh karena itu penting sekali untuk memperkuat ekonomi umat agar tak ada lagi cerita tentang betapa mudahnya seorang muslim menanggalkan agamanya.

  1. Problematika Ukhuwah Islamiyah

Perpecahan yang terjadi di tengah umat hari ini disebabkan adanya sikap fanatisme terhadap golongan atau kelompok.

Baca juga:   Siswa SMP IT Al Furqon Palembang Belajar Sejarah di Museum Balaputra Dewa

5.Problematika Dakwah

Tersebarnya kemaksiatan, berkurangnya keimanan, dan dangkalnya pemahaman agama pada umat islam bisa jadi karena minimnya aktivitas dakwah yang dilakukan pemeluknya.

Akhirnya, Ustadz Mukarrom yang juga terkenal sebagai penulis produktif di kota Palembang ini, kepada para guru dan pegawai baru SIT Al Furqon Palembang menegaskan, “ tidak ada langkah lain yang bisa ditempuh untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas selain dengan berjihad.”

Jihad yang dimaksud ialah jihad bil qolam, jihad bil mal, jihad lisan, jihad bil lisan wal yad, dan jihad bil siyasah, ujar Mukarrom merinci.

Sudah menjadi SOP (Standad Operation Prosedure) di sekolah yang bermotto : “ahli fikir, ahli zikir dan ahli itktiar”, ini memberikan bekal pengetahuan dan  pegangan mental spritual sebelum diterjunkan dan mengabdi di lembaga pendidikan mulai dari PGIT/TKIT/SDIT/SMPIT dan SMAIT.(*)

Reporter : Rf. Sari Rahma

Editor     : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button