EDUCATIONFOTO UTAMA

Belajar Sains Di Laboratorium Kami Sangat Nyaman

Sitalfurqon.com – Laboratorium adalah suatu tempat di mana dilakukan kegiatan percobaan, pengukuran, penelitian atau riset ilmiah yang berhubungan dengan ilmu sains (kimia, fisika, biologi) dan ilmu-ilmu lainnya.

Laboratorium bisa berupa ruangan yang tertutup seperti kamar atau ruangan terbuka seperti kebun dan lain-lain menurut Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2 tahun 2014.

Pengertian laboratorium juga bisa berarti sebuah tempat sekelompok orang yang melakukan berbagai macam kegiatan penelitian (riset), pengamatan, pelatihan dan pengujian ilmiah sebagai pendekatan antara teori dan praktik dari berbagai macam disiplin ilmu.

Secara fisik laboratorium juga dapat merujuk kepada suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka. Kami di SIT Al Furqon Palembang juga memiliki laboratorium yang nyaman sebagai tempat meneliti berbagai ilmu pengetahuan.

Laboratorium bukanlah tempat yang tidak asing di pusat studi maupun penelitian, bahkan keberadaannya sangat esensial merujuk pada penggunaannya untuk mengamati, meneliti, dan menghasilkan penemuan baru.

Fungsi laboratorium juga berbeda-beda bergantung dari jenisnya. Jenis laboratorium juga terbagi dalam beberapa macam secara umum, namun kembali lagi penambahan jenis baru bergantung dari fungsi laboratorium tersebut.

Baca juga:   Telah Terakreditas BAN & Lisensi JSIT

Fungsi Laboratorium

Mengutip dari buku Tips Mengelola Laboratorium Sekolah oleh Richard Decaprio, ada banyak fungsi laboratorium, di antaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat dan media untuk menyeimbangkan antara teori dan praktik ilmu dan menyatukan antara teori dan praktik.
  2. Memberikan keterampilan kerja ilmiah bagi para peneliti, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, dosen, atau peneliti lainnya. Hal ini disebabkan laboratorium tidak hanya menuntut pemahaman terhadap objek yang dikaji, tetapi juga menuntut seseorang untuk melakukan eksperimentasi.
  3. Memberikan dan memupuk keberanian para peneliti (yang terdiri dari pembelajar, peserta didik, mahasiswa, dosen dan seluruh praktisi keilmuan lainnya) untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari suatu objek keilmuan dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial.
  4. Menambah keterampilan dan keahlian para peneliti dalam mempergunakan alat media yang tersedia di dalam laboratorium untuk mencari dan menentukan kebenaran ilmiah sesuai dengan berbagai macam riset ataupun eksperimentasi yang akan dilakukan.
  5. Memupuk rasa ingin tahu kepada para peneliti mengenai berbagai macam keilmuan sehingga akan mendorong mereka untuk selalu mengkaji dan mencari kebenaran ilmiah dengan cara penelitian, uji coba, maupun eksperimentasi.
  6. Fungsi laboratorium dapat memupuk dan membina rasa percaya diri para peneliti dalam keterampilan yang diperoleh atau terhadap penemuan yang didapat dalam proses kegiatan kerja di laboratorium.
  7. Fungsi laboratoriun dapat menjadi sumber belajar untuk memecahkan berbagai masalah melalui kegiatan praktik, baik itu masalah dalam pembelajaran, masalah akademik, maupun masalah yang terjadi di tengah masyarakat yang membutuhkan penanganan dengan uji laboratorium.
  8. Fungsi laboratorium sebagai menjadi sarana belajar bagi para siswa, mahasiswa, dosen, aktivis, peneliti dan lain-lain untuk memahami segala ilmu pengetahuan yang masih bersifat abstrak sehingga menjadi sesuatu yang bersifat konkret dan nyata.
Baca juga:   Praktik Laboratorium

Editor: Bangun Lubis

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button