FOTO UTAMANEWS

Ayo Ngaji di Sanggar Alquran Gratis  SDIT Al Furqon Palembang dan Yatim Mandiri

sitalfurqon.com–Diantara hadist keutamaan belajar Alquran, terdapat riwayat Bukhari yang menyatakan bahwa Ustman bin affan ra menyebutkan, Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari alquran dan mengajarkannya.”

Sebagaimana diketahui bahwa membaca Alquran merupakan amalan ibadah mulia yang memiliki berbagai keistimewaan. Karena itu, wajib bagi tiap muslim untuk belajar Alquran agar bisa membacanya dengan baik dan benar, termasuk juga memahami dan menerapkannya.

Salah satu upaya kongkrit belajar Alquran  sejak dini seperti yang telah dilakukan oleh manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon  Palembang  yang berkolaborasi dengan organisasi nirlaba Yatim Mandiri Palembang.

Kerjasama ini merupakan salah satu program Yatim Mandiri (YM) Palembang dalam menghidupkan Alquran teruntuk pada anak-anak dengan membuka Sanggar Alquran Gratis sejak 2010.

Istimewanya lagi dari kerjasama mulia ini bahwa belajar Alquran di sanggar ini tanpa dipungut biaya apapun alias gratis dan terbuka untuk umum.

Koordinator Sanggar Alquran, Muhammad Ruliansyah, mengatakan kegiatan dilaksanakan tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari selasa, rabu dan jum’at selepas sholat ashar hingga menjelang magrib. Terdapat 11 anak yang telah mengikuti belajar Alquran di bulan Februari 2023 ini.

Baca juga:   TK IT Al Furqon Palembang Membangun Generasi Islami yang Cerdas

Anak-anak langsung diajarkan oleh Ustadzah yang telah dipilih oleh tim Yatim Mandiri dengan kualifikasi yang baik, sedangkan kerjasama pihak SDIT Al Furqon dengan membantu akomodasi.

“Dari Alquran Ustadzahnya mengajarkan metode tilawati, menyamaratakan anak-anak karena diajarkan dari awal Iqro pertama kemudian dibaca dengan metode tilawati semua,”kata Muhammad Ruliansyah.

Anak-anak yang masih duduk di bangku SD bersemangat belajar membaca alqura di sanggar ini. Foto : Tri

Pengajar juga terlebih dahulu akan dilakukan test bacaan Alquran, sehingga tidak sembarang pengajar. Dikatakan, pihaknya juga merangkul semua masyarakat sekitar untuk belajar Alquran. Menurut survei yang dilakukan, banyak orangtua sekitar yang inginkan anak-anaknya belajar Alquran diluar sekolah.

“Alhamdulillah respon positif dari masyarakat. Kami berharap semoga program ini lebih kondusif, kita juga bisa nambah lagi tempatnya, dimana anak-anak yang belum tersentuh di Alquran dan belajar ngaji,”ucap Muhammad Ruliansyah saat ditemui di kantor Yatim Mandiri Palembang di Jalan Rawa Sari Ruko no 2457, Kemuning Palembang.

Baca juga:   .

Yatim Mandiri Palembang sangat membuka kesempatan selua-luasnya jika ada anak-anak yang ingin bergabung belajar Alquran bersama.

Orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya bergabung, dapat menghubungi Koordinator Sanggar Al Quran, Muhammad Ruliansyah (0821-6933-2873) atau dapat mendatangi langsung kantor pusat YM Mandiri.

“Kamu juga bisa lihat program apa saja selain belajar Alquran melalui media sosial Instagram @Yatim_Mandiri_Palembang,”katanya, Rabu (22/2/23)

Semoga kerjasama mulia SDIT Al Furqon Palembang dengan Yatim Mandiri menjadi wasilah kepada seluruh orang-orang yang terlibat di dalamnya termasuk dalam anggota keluarga Allah, Ahliyullah, sebagaimana disitir dalam HR Ahmad dan Ibnu Majah, “  Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Beliau ditanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah?’ Rasul SAW menjawab, ‘Mereka adalah ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah, dan orang-orang khusus-Nya.’”  (*)

 

Reporter : Trijumartini

Editor       : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button