KALAM ISLAM

Ulasan Buku Butiran Debu Hikmah

Satu lagi buku literasi telah berhasil diterbitkan, kali ini telah terbit sebuah buku bergenre motivasi hidup berjudul butiran debu hikmah, yang ditulis langsung oleh Ustaz Agus Priyatmono, S.Pd yang saat ini juga menjabat sebagai kepala SIT Al Furqon Palembang. Buku butiran debu hikmah tersebut merupakan salah satu dari lima buku yang dilaunching pada bulan Februari yang lalu pada acara Entrepreneur Days 2022.

Buku butiran debu hikmah ini merupakan buku ke Empat Dari Empat judul buku yang telah berhasil di tulis oleh Ustaz Agus Priyatmono. Adapun judul-judul buku yang telah ditulis sebelumnya yaitu, Pasukan Tikungan Sungai (Kumpulan Cerpen dan Puisi SDIT Al Furqon Palembang).

 Konfederasi 1, dan Konfederasi 2. Menurut penulis proses penulisan buku butiran debu hikmah tersebut cukup memakan waktu yang lama, butuh waktu sekitar kurang lebih enam bulan untuk menyelesaikanya. Lamanya waktu tersebut cukup beralasan dikarenakan dalam penulisanya penulis ingin menyajikan isi buku kepada para pembaca berdasarkan cerita pengalaman hidupnya dimana dalam kejadian yang dirasa kurang baik tentu dikemudian hari akan ada hikmahnya untuk dijadikan pelajaran dalam hidup

Baca juga:   Teman yang Baik, Mereka yang Mengajakmu Kepada Kebenaran

Alasan tersebutlah yang membuat penulis mencoba mengingat kembali pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan dimasa lalu serta mengumpulkan catatan pribadi yang sebelumnya telah ditulis melalui blog pribadi sejak tahun 2009, yang kemudian dilakukan pengeditan ulang untuk dialih mediakan dalam bentuk buku. alasan itulah yang menjadikan buku butiran debu hikmah cukup lama dalam proses penulisanya. sehingga dalam proses kepenulisanya setelah terbit, karya bukunya dapat dibaca dengan baik dan tentunya dapat diambil hikmahnya dari setiap kejadian hidup yang telah kita alami setelah membaca buku tersebut.

Baca juga:   Tahap Pengenalan Pelajar Pancasila

Untuk isi buku butiran debu hikmah ini sendiri dibagi menjadi tiga bab, yang terdiri dari :

Baca juga:   Prof DR Yuwono M Biomed: Alquran Logis dan Jelas

Bab 1, Butiran Debu Hikmah, Sekitar Pendidikan. Yang berisikan hal-hal yang bersinggungan dengan pendidikan, motivasi dalam pendidikan, kisah-kisah pengalaman pribadi dalam dunia pendidikan dan di kehidupan di masyarakat, ringkasan materi parenting.

Bab 2, Butiran Debu Hikmah, Sekitar Keluarga. Yang berisikan hal-hal yang bersinggungan dengan keluarga, pernik-pernik kehidupan dalam keluarga, nasihat pernikahan, motivasi-motivasi dalam berkeluarga.

Bab 3, Butiran Debu Hikmah, Tafakur dan Tadabur. Yang berisikan hal-hal yang bersinggungan dengan tafakur terhadap ayat-ayat kauniyah yaitu diri, sekitar dan semesta alam ini, dan yang bersinggungan dengan tadabur ayat qauliyahNya.

Baca juga:   Menggali Bakat Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains

Perlu diketahui pula bahwa penulis buku butiran debu hikmah juga aktif dalam kegiatan literasi tulis-menulis, hal ini dibuktikan dengan karya buku-buku yang telah berhasil diterbitkan kemudian juga keaktifanya dalam menulis tulisan yang bermanfaat pada situs blog pribadinya (www.abinehisyam.wordpress.com) (*Nanda)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button