FOTO UTAMANEWS

Keseruan MPLS di SIT Al Furqon Palembang, Semua Anak Senang dan Gembira

sitalfurqon.com – Mafhum kiranya ada ungkapan populer, “tak kenal maka tak sayang”. Agaknya peribahasa lawas ini sangat pas bila disandangkan dengan MPLS. Lha apa itu MPLS?. MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, sebuah istilah yang sangat akrab di lingkungan dunia pendidikan, sekolah umumnya.

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Anak-anak juga diajari salat berjamaah.

 

Jadi MPLS sangat identik dengan pepatah diatas, seorang siswa misalnya tak akan kenal dan sayang kepada sekolahnya bilamana tidak mengikuti kegiatan atau program MPLS tersebut. Penting.

Sebagai sebuah sekolah islami yang banyak kegiatan dengan berbagai fasilitas pendidikan yang mumpuni, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang , khususnya SDIT dan SMPIT Al Furqon Palembang, pun telah melaksanakan kegiatan MPLS tersebut sejak hari pertama masuk sekolah untuk tahun ajaran 2023-2024.

Cara berwudhu yang benar juga dipraktek dalam MPLS SDIT Al Furqon Palembang

 

Para siswa yang telah diterima di SMPIT Al Furqon Palembang, sejak Senin 10 Juli 2023 mengikuti MPLS seputar penanaman adab-adab islami, yang merupakan program khas sekolah yang mengusul motto : “ ahli fikir, ahli zikir dan ahli ikhtiar” ini.

Sebagaimana dikutip dari sdit.alfurqon.com, Ketua Pelaksana MPLS SMPIT Al Furqon Palembang,  Ustadz Fauzan  mengungkapkan MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk penanaman adab-adab islami, pengenalan program sekolah, pengenalan konsep diri, dan pengembangan sosial dengan lingkungan sekolah.

Baca juga:   Menjadikan Diri Sebagai Guru yang Rendah Hati

Dikatakan, kegiatan MPLS ini dikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8 dan Kelas 9. Ustadz Fauzan menjelaskan  khusus siswa kelas 7 yakni siswa baru yang belum banyak mengenal lingkungan sekolah, maka MPLS dilaksanakan selama 5 hari sejak hari Senin, 10 Juli sampai dengan Jumat 14 Juli 2023. Sedangkan  siswa kelas 8 dan 9 hanya melaksanakan MPLS selama 2 hari.

Kegiatan MPLS dilaksanakan setelah seluruh siswa melaksanakan pembukaan kelas, salat dhuha dan pembacaan dzikir pagi. Kegiatan MPLS dilaksanakan di beberapa tempat yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan dan kondisi di lapangan, yaitu masjid, lapangan futsal dan ruang kelas.

Kepala Sekolah SMPIT Al Furqon Palembang Ustadz Sunyoto, S.Pd mengemukakan,   kegiatan MPLS ditekankan pada penanaman adab-adab islami. Sehingga, materi-materi yang disampaikan dalam MPLS pun lebih banyak menanamkan tentang adab-adab islami.

Ustadz Sunyoto mengharapkan  semoga seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan MPLS dengan baik dan dapat menerapkan apa yang sudah didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun materi MPLS yang diberikan untuk siswa kelas 7 adalah perkenalan guru dan karyawan, sosialisasi kurikulum, sosialisasi kurikulum keislaman, sosialisasi kesiswaan, adab terhadap guru, adab di masjid, adab berbicara, berbakti kepada orang tua, menjadi adik kelas yang baik, mengenal diri sendiri, penyesuaian diri di sekolah baru, no gadget no cry, adab atau interaksi di media sosial, dan say no to pacaran.

Baca juga:   Sebuah Refleksi 20 Tahun SIT AL Furqon Palembang : Pengabdian Tanpa Batas
Adab terhadap guru merupakan perilaku mulia yang harus dilakoni anak-anak dalam kesehariannya di sekolah.

Sedangkan, materi yang disampaikan untuk siswa kelas 8 dan 9 adalah menjadi kakak kelas yang baik, mengenal diri sendiri, bersikap jujur, menjaga aurat, berkomunikasi dengan teman sebaya, adab atau interaksi di media sosial dan say no to pacaran.

Setelah melaksanakan MPLS sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, seluruh siswa akan melaksanakan makan siang bersama dan shalat zuhur berjama’ah dan diperbolehkan untuk pulang.  

MPLS SDIT Al Furqon Palembang yang penuh dengan keceriaan anak-anak.

MPLS juga dilaksanakan oleh jajaran SDIT Al Furqon Palembang yang terletak di Jalan R Soekamto Palembang. Anak-anak yang rata-rata berusia 6 tahun ini, juga ditekankan pada pengenalan dan praktek adab-adab islami. Mereka diajarkan para gurunya kegiatan mengaji alquran, mewarnai, jalan-jalan keliling lingkungan sekolah dan kantor, kelas serta berbagai fasilitas olahraga, UKS dan peribadatan masjid.

Sesusai dengan usianya yang masih terpengaruh dengan kekanak-kanakan, maka PMPLS di SDIT Al Furqon Palembang ini, dibawa oleh guru-gurunya dalam suasana riang gembira dan penuh dengan keakraban layaknya perilaku orangtua kepada anaknya. Anak-anak diajari bagaimana mengambil wudhu yang benar, sholat berjamaah, membaca alquran dari iqra’ dan membaca doa-doa pendek. Alhamdulillah MPLS SDIT Al Furqon berjalan lancar dan sangat menyenangkan anak-anak dalam mengenal suasana, fasilitas dan kegiatan sekolah yang akan mereka lalui selama 6 tahun ke depan. (*)

Editor : Aspani Yasland

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button