NEWS

Begini Umat Islam Mengucapkan Tahun Baru 1 Muharram 1445 H, Semoga Allah Merahmati Kita

Mari kita semua bermuhasabah diri di Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H ini

SITALFURQON.com –  Muslim di seluruh dunia akan memperingati 1 Muharram 2023, di Indonesia bertepatan dengan Selasa, 19 Juli 2023.

Dalam rangka merayakan tahun baru Islam, intip makna dan rekomendasi ucapan yang cocok dalam merayakan tahun baru Islam atau 1 Muharram dalam bahasa Arab.

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H
Muharram Bagi Umat Muslim

Kata Muharram dalam bahasa Arab berasal dari kata harrama, yuharrimu dan muharram yang berarti diharamkan. Secara Istilah Muharram adalah bulan yang sangat diharamkan untuk melakukan perbuatan zalim, maksiat, dan melarang untuk melakukan perang yang menyebabkan pertumpahan darah.

Dalam ulasan di beberapa media antara lain Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id dan CNNIndonesia.com, menuliskan,  betapa pentingnya sekarang ini bagi ummat Islam mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijiriyah tersebut.

Tak heran bulan Muharram disebut sebagai bulan yang mulia. Saking mulianya bulan ini ditempatkan menjadi bulan pertama dalam Islam.

Ucapan Tahun Baru Islam 2023, 1 Muharram 1445 H yang Islami Dalam Bahasa Arab

Inilah ucapan-ucapan yang bisa dijadikan rekomendasi sebagai ucapan tahun baru Islam yang Islami dalam bahasa Arab:

1. “أتمنى للجميع سنة إسلامية جديدة سعيدة. أتمنى أن يجلب هذا العام الجديد الكثير من السلام والازدهار والسعادة للعالم.

Atamanii lil jami’ sanah Islamiyah jadiidah saidah, atamanii an yajliba hadzal am aljadiidil katsir minas salam wal azdihaar wa saadah lililmi

Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam untuk semua. Semoga tahun baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi dunia.

2. “أتمنى لكم ولأسرتكم سنة جديدة مليئة بالسلام والسعادة والوفرة. بارك الله بكم طوال هذا العام. محرم مبارك!”

Atamanii lakum wal usratakum sanah jadiidah muliiah bissalam wa saadah wal wafirah baarakallah bikum thula hadzal aam, muharram mubaarak.

Semoga dirimu dan keluargamu mendapat Tahun Baru yang penuh kedamaian, kebahagiaan, dan kelimpahan semuanya. Semoga Allah merahmatimu sepanjang tahun ini. Muharram Mubarak!

3. “العام الجديد ، حان الوقت لوضع أهداف جديدة. هناك وقت للتفكير في الأشياء التي تهمك والأشياء التي تريد تحقيقها. قد ترى كل أحلامك تتحقق في هذا العام. عام إسلامي جديد سعيد 1445 هـ.

Alaam jadiid haanal waqtu liwad’i ahdaafi jadiidah, hunaaka waqtu litafkiiri fil asyaai lati tuhmiku wal asyyaau lati turiidu tahqiiqiha, Qod taraa kulla ahlaamika tatahaqoqu fi hadzal aam, Aamul islaamii jadiid said 1445.

Tahun baru, saatnya menetapkan tujuan baru. Ada waktu untuk merenungkan hal-hal yang penting bagimu dan hal-hal yang ingin kamu capai. Semoga tahun ini kamu melihat semua impian menjadi kenyataan. Selamat Tahun Baru Islam 1445 H.

4. “أتمنى أن تجلب لك بداية رأس السنة الهجرية المزيد من فرص الازدهار والتقدم. عام هجري جديد سعيد.”

Atamanii an tajliba laka bidaayatu ra’si sanah al hijriyah maziid min farshi azdihaar wa taqoddum. Aam hijrii jadiid said.

Semoga awal Tahun Baru Islam memberimu lebih banyak peluang untuk kemakmuran dan kemajuan. Selamat Tahun Baru Hijriah.

5. “دعونا نصلي أن يكون هذا العام مليئًا بالسلام والسعادة والوفرة. بارك الله فيكم في رأس السنة الهجرية”.

Da’awnaa nushollii an yakuuna hadzal aam muliian bissalaami wa saadati wal wafirah baarakallah fikum fi ra’si sunah hijriyah. 

Mari kita berdoa agar tahun ini dipenuhi dengan kedamaian, kebahagiaan, dan kelimpahan. Semoga Allah merahmatimu di Tahun Baru Islam.

Baca juga:   SIT Al Furqon Lakukan Regenerasi Kepemimpinan di Juni 2024 Nanti

6. عام إسلامي جديد عام 1445 هـ ، ونأمل في بداية هذا العام أن تكون لدينا روح جديدة ونبقى بعيدًا عن الخطر من قبل الله سبحانه وتعالى.

Aamun islamii jadiid aamu 1445 H, wa na’malu fi bidaayati hadzal aam an takuuna ladayna ruuha jadiidah wa nabqii baiidan anil khothori min qibalillah subahaanahu wa ta’ala.

Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, semoga di awal tahun ini kita punya semangat baru dan kita dijauhkan dari marabahaya oleh Allah SWT.

7. 1 محرم 1445 هـ يصبح عامًا جديدًا يقوي إيماننا وإسلامنا حتى نظل على طريق الله سبحانه وتعالى. عام إسلامي جديد سعيد 1 محرم 1445 هـ ، نرجو أن نحظى دائمًا بحمايته.

Muharram 1445 Yushbihu aaman jadiidan yaqwii imananaa wa islamanaa hatta nadzillu ala thoriqiillah subhaanahu wa ta’ala aamu Islamaii jadiid wahid, saiis wahid muharram, narjuu an nahdzo daaiman bihimayatihi

1 Muharram 1445 Hijriah menjadi tahun baru yang menguatkan iman dan Islam kita supaya tetap berada di jalan Allah SWT. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, semoga kita selalu mendapat perlindungan-Nya.

8. دعونا نحتفل بمسامحة بعضنا البعض ونسأل الله سبحانه وتعالى عن المغفرة. كل عام وأنتم بخير ، أتمنى أن تكون السنة الجديدة نعمة لنا جميعاً.

Da’awnaa nahtafilu bimusahaati ba’dhinaal ba’ad wa nasalullah subhaanahu wa ta’ala anil maghfirah. kullu aamin wa antum bikhoirin, atamanii an takuna sanah aljadiidah ni’matu lanaa jamiian

Mari kita rayakan dengan saling memaafkan sesama manusia dan memohon ampunan Allah SWT. Selamat memperingati Tahun Baru Hijriah, semoga tahun yang baru menjadi berkah untuk kita semua.

9. دعونا نرحب بالخير معا لبدء عام جديد. رأس السنة الهجرية 1445 هـ.

Da’awnaa narhabu bil khoir ma’an libadai aamin jadiid, ra’sul sanah hijriyah 1445 H.

Mari bersama-sama menyambut kebaikan untuk memulai tahun yang baru. Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

10. عام إسلامي جديد سعيد 1 محرم 1445 هـ ، الله سبحانه وتعالى يعطي السلام والأمان دائمًا في هذه السنة الجديدة!

Amul islaamii jadiid said wahid muharram 1445H, Allahu subhaanahu wa ta’ala yu’thi wal amaan daaiman fi hadzihil sanah jadiidah.

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Semoga Allah SWT selalu memberikan kedamaian dan keselamatan di tahun baru ini!

 

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

 

Ucapan Lainnya, Tahun baru Islam diperingati setiap 1 Muharram dalam kalender Islam atau Hijriah. Di tahun ini, 1 Muharram jatuh pada Rabu (19/7).Untuk memperingatinya, kamu bisa berbagi ucapan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H.

Ucapan tersebut dapat dikirimkan melalui pesan singkat atau dapat juga dibagikan ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp.

Ucapan tahun baru Islam dapat berisikan doa dan harapan baik agar Allah melimpahkan berkah dan mewujudkan impian di tahun yang baru.

Baca juga:   Agus Priyatmono, Kepala SIT Al Furqon Palembang Serahkan Donasi Gempa Turki dan Syria.

Ucapan tahun baru Islam bahasa Arab

سَنَةٌ هِجْرِيَّةٌ مُبَارَكَةٌ

(Selamat tahun baru hijriah, semoga berkah)

كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

(Semoga kebaikan selalu menyertaimu sepanjang tahun)

نْزَلَ اللهُ عَلَيْكُمْ مَعَ بِدَايَةِ هَذَا الْعَامِ الْهِجْرِيِّ الْجَدِيدِ سَحَائِبَ رَحْمَتِهِ، إِنَّهُ وَلِيُّ ذَلِكَ وَالْقَادِرُ عَلَيْهِ

(Di awal tahun baru Hijriah ini, Allah menurunkan awan rahmat-Nya kepadamu, karena dia adalah penjaga semua yang menjadi haknya)

بِعَدَدِ أَوََرَاقِ الشَّجَرِ، وَعَدَدِ مَا رَمَشَ الْبَصَرُ، أَهَنِِّئُكَ بِمُنَاسَبَةِ حُلُولِ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ الْجَدِيدَةِ قَبْلَ كُلِّ الْبَشَرِ.

(Dengan banyaknya daun pohon dan banyaknya kedipan mata, saya ucapkan selamat menyambut tahun Hijriah)

مَعَ بِدَايَةِ الْعَامِ الْهِجْرِيِّ الْجَدِيدِ ١٤٤٥، أَسَأَلَ اللهُ الَّذِي جَمَعْنَا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا الْفَانِيَةِ، أَنْ يَجْمَعَنَا ثَانِيَةٌ فِي جَنَّةِ قُطُوفُهَا دَانِيَةً.

(Dengan dimulainya tahun baru Hijriah 1445 H, saya memohon kepada Tuhan, yang mempertemukan kita di dunia yang fana ini, untuk mempertemukan kita di surga kelak)

أَهَنِِّئُكُمْ بِقَدُومِ الْعَامِ الْهِجْرِيِّ الْجَدِيدِ ١٤٤٥، وَأَتَمَنَّى لَكُمْ السَّعَادَةَ وَالهَنَا، فَسَعَادَتِي أَنِّيْ أَشُوفُكُمْ مِنْ أَسْعُدِ الخَلَائِِيقِ

(Saya mengucapkan selamat atas datangnya tahun baru 1445 H, dan saya berharap Anda bahagia dan bahagia. Saya senang melihat Anda di antara ciptaan yang paling bahagia)

بِمُنَاسَبَةِ الْعَامِ الْهِجْرِيِّ الْجَدِيدِ ١٤٤٥، وَأَتَمَنَّى تَكُْونَ أَيَّامُكَ الْمُقْبِلَةُ جَمِيلَةً وَنَقِيَّةَ مِثْلَ جَمَالِ رَوْحِكَ وَبَرَائَتِهَا.

(Pada kesempatan tahun baru 1445 H, saya berharap hari-hari Anda yang akan datang akan indah, seperti indahnya hatimu)

Itulah kumpulan ucapan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H yang dapat menjadi referensi bagi kamu yang akan menyebarkan syiar ini.

Pesan Ulama Indonesia

Pimpinan Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel Al Musawa mengajak setiap elemen bangsa menjadikan momentum tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah untuk bermuhasabah dan melakukan perbaikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada para pemimpin bangsa, Habib Nabiel berpesan agar menjaga kepercayaan masyarakat.

“Pesan saya untuk para penguasa, hendaknya momentum hijrah ini digunakan untuk bertobat, Istighfar. Jangan sampai rakyat it terus jadi ngga percaya dengan penguasa, ngga percaya dengan pemimpin. Kita disuruh taat kepada Ulil Amri, tetapi bukan yang korup, bukan yang mengkhianati rakyat, bukan yang menyebarkan fitnah, bukan yang seperti itu,” kata Habib Nabiel  seperti dilansir Republika.co.id yang bertemu dengan beliau di sekretariat kantor pusat Majelis Rasulullah SAW di Jakarta Selatan pada Selasa (18/07/2023).

Ia berharap di tahun baru 1445 H, para pemimpin bangsa semakin mengayomi rakyat dan menjadi teladan yang baik bagi rakyat. Sementara itu, Habib Nabiel juga mengajak umat Muslim di Tanah Air agar menjadikan momentum tahun baru Islam tidak hanya untuk memperbaiki dan meningkatkan sisi spiritual, tapi juga memperbaiki diri dalam kehidupan berbangsa.

Ia mengajak agar masyarakat menghormati jasa para pahlawan, yang sebagian besar dimotori oleh para ulama dan para habib, dalam memperjuangkan NKRI. Ia mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam, justru sebaliknya setiap sila merupakan ajaran pokok dalam Islam.(*)

Editor: Bangun Lubis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button