KALAM ISLAMSAHABAT

Big Event Enterpreneur Day 2023, Ajang Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Islami

Sitalfurqon.com –  Ini sebuah event yang begitu spektakuler, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan, sekaligus menumbuhkan semangat pembangunan karakter. “Ini betul-betul even yang sangat besar manfaat dan dampaknya bagi anak-anak siswa SIT Al Furqon,“ujar Herman Deru, yang hadir pada acara ini.

Enterpreneur Day yang digelar di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT) Al Furqon Palembang  tidak terasa sudah berlangsung untuk yang ke 17 kali.

Kepala Sekolah SD SIT Al Furqon Palembang, Ustads Zakiudin, mengemukakan itu saat kembali menggelar Big Event Enterpreneur Day 2023/2024 selama 2-6 Oktober 2023. Gebyar yang berlangsung cukup meriah dan begitu semarak.

Kegiatan Enterpreneur days yang telah berjalan selama 17 kali menjadi salah satu program unggulan SDIT Al Furqon Palembang dengan mengusung tema “Menumbuh Kembangkan Jiwa Enterpreneur Islami Sejak Dini”.

Herman Deru Hadir pada Acara EnterpreneurDay. SIT Al Furqon Palembang

Semua rangkaian kegiatan penampilan spesial di persembahkan oleh para siswa dan siswi SDIT Al Furqon pada acara Big Day Enterpreneur.

Mulai dari awal pembukaan seperti pembawa acara, tilawah Quran, Doa, penampilan karya seperti tarian tradisional yaitu tari tanggai, Tim robotik, marching band dan angklung, penampilan drama tema merdeka untuk semua dilakukan oleh semua siswa dan siswi terpilih SDIT Al Furqon.

Kegiatan tersebut pula dihadiri oleh PJ Gubernur Sumsel DR. Drs. H. A. Fatoni yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. H. Sutoko, Dinas Pendidikan Kota Palembang, Camat Kemuning, Ketua Yayasan Al Furqon Palembang, Kepala SIT Al Furqon beserta jajaran, Direktur Umum RSUD Siti Fatimah, Pimpinan Redaksi Assajidin Group H. Bangun Lubis, Badan Pengelolahan Masjid Al Furqon, Seluruh kepala unit SIT Al Furqon, Seluruh Sponsorship, serta seluruh tamu undangan.

Baca juga:   SD IT Al Furqon Palembang Bener-Bener Sekolahnya Para Juara

H. Herman Deru beserta istri hadir sebagai Wali Siswa juga tokoh masyarakat, mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan event enterpreneur day 2023 tersebut.

Kepala SDIT Al Furqon Palembang, Zakiudin, S.Pd.I mengatakan sesuai dengn visi misi yaitu menjadikan anak menjadi ahli fikir, ahli dzikir dan ahli Ikhtiar apabila anak sudah menyelesaikan pembelajaran di SDIT Al Furqon.

 Sebelumnya, para siswa sudah berdiskusi dengan para guru kelasnya untuk berjualan apa, strategi bagaimana, modal dan keuntungan berapa, berbagi jobdisk masing-masing, bagaimana mempromosilan jualan.

“Jadi persiswa memiliki modal Rp50 ribu.

Kita bisa saksikan di dalam kelas ada 30 anak maka modal terkumpul Rp 1,5juta. Nanti mereka berdiskusi untuk memutar modal di belanjakan untuk dagangannya. Di lakukan tahapan ini agar anak-anak memiliki strategi, jangan sampai modal habis sedangkan barang yang dijual habis tetapi keuntungan tidak ada,”katanya.

Nantinya, ketika sudah menjadi alumni, Mereka memiliki kemampuan secara akademik untuk bersaing di tengah masyarakat, mampu bersaing dengan perkembangan zaman, lalu dibekali dengan ahli dzikir yang berkarakter membawa nama baik Al Furqon, Nilai Islam, orangtua dan bangsa Indonesia. Lalu mereka juga akan berfikir akan membuat lapangan pekerjaan.

“Alhamdulillah banyak support dan dukungan baik dari jajaran pemerintah, juga toko masyarakat H. Herman Deru beserta keluarga besar ikut hadir dan menyaksikan kegiatan SDIT Al Furqon,”katanya.

Beragam dagangan yang di perjualkan mulai dari makanan, minuman, alat tulis, mainan anak-anak dan lainnya karena tidak ada peraturan jenis makanan dan jualannya, jadi setiap tenant pervariatif dengan kreasi masing-masing.

Dalam rangka terjadinya peredaran perekonomian di kegiatan ini, Berbeda dari tahun sebelumnya, Event tahun ini Pihak sekolah telah memfasilitasi siswa dan guru dengan voucher.

Baca juga:   Ulasan Buku Butiran Debu Hikmah

“Voucher tersebut bernilai Rp. 28 ribu untuk guru per hari dan Rp. 22 ribu untuk siswa perhari selama 5 event berjalan. Apabila voucher tidak di pakai maka hangus, Jadi belanja apapun tidak perlu uang cash tetapi pakai voucher tersebut,” ujarnya saat di wawancarai.

 Di pergunakannya voucher ini untuk mempermudah pihak tenant sponsorship sehingga mereka sudah mengetahui peredaran uang dalam bentuk giralnya sekitar 20 juta sehari. Jadi, bagaimana strategi tenant masing-masing agar voucher mereka dapat.

Ketua Pelaksana mengatakan terdapat 15 tenant dari Siswa SDIT dan 28 tenant sponsorship UMKM, serta 5 sponsorship rekanan.

“Semua penampilan dipersembahkan oleh semua siswi, dan tenant-tenant ini akan di buka kulai dari pukul 09:00 WIB hingga 02:00 WIB,”ucapnya.

Sementara ditempat yang sama, PJ Gubernur Sumsel DR Drs H A Fatoni, M.Si yang diwakili oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. H. Sutoko, M.Si mengatakan kegiatan besar ini akan menjadi contoh bagi sekolah lainnya di Sumatera Selatan.

H Herman Deru disambut hangat oleh Ketua Yayasan Dakwah dan Pendidikan al Furqob H Djuliar Rasyid dan Ustadz Agus Priyatmono, Kepala SIT Al Furqon Palembang ketika menghadiri event Enterprenuer Day 2023 SDIT Al Furqon yang berlangsung di Gedung Daarul Jannah Palembang, Selasa, 3 Oktober 2023. Foto : Trijumartini.

“Menggali dan berlatih wirausahawan anak untuk masa kedepan. Pemerintah Provinsi sumsel menaruh harapan besar terhadap SDIT Al Furqon melalui penanaman pondasi pendidikan yang di awali dengan berpikir, berdzikir dan ikhtiar yang disebut tanpa batas. Insyaallah sekolah lain sepertsekolah nergeri dan swasta lainnya dapat menyontoh agar lebih baik dah harus lebih baik lagi,”ujarnya.

Pada Akhir acara juga ada penandatanganan oleh PJ Gubernur Sumsel DR. Drs. H. A. Fatoni yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. H. Sutoko, beserta Tokoh Masyarakat H. Herman Deru di buku Hasil Karya Literasi karya siswa dan siswi serta guru SDIT Al Furqon.

Reporter : Tri Jumartini

Editor: Bangun Lubis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button