NEWS

SMPIT Al Furqon Palembang Gelar “Al Furqon Competition” Se-Sumsel yang Diikuti 1086 Peserta

sitalfurqon.comSMPIT Al Furqon Palembang menggelar “Al Furqon Competition” (AFC) se-Sumatera Selatan (Sumsel). Sebanyak 1086 peserta lomba dari tingkat SD dan SMP mengikuti ajang tahunan ini, yang berlangsung di kompleks Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Furqon Jalan HBR Motik Palembang, selama tiga hari mulai dari Kamis ini, 16 November hingga18 November 2023.

Mengangkat tema “Strong, Smart, Supportive Youth Generation” perlombaan dibagi menjadi tiga cabang kategori lomba yaitu Bidang Akademik, Bidang Olahraga dan Bidang Keagamaan.

Ketua Pelaksana Kegiatan, AlHakim Mandala Putra, S.Pd mengemukakan, pembangunan pemuda dapat dilakukan melalui berbagai jalur pendidikan, baik di jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal.

“Pemuda menjadi harapan umat islam untuk mengubah nasib umat islam mendatang menjadi lebih baik lagi, hal tersebut menjadi salah satu pacuan digelarnya kegiatan positif tahunan ini,”kata AlHakim Mandala Putra, Kamis, 16 November 2023.

Adapun tujuan kegiatan, lanjut dia,  untuk menciptakan generasi muda yang mampu dan handal dalam bidang akademik dan non akademik. Kegiatan ini, katanya lagi, menggabungkan kecerdasan intelektual yang diisi dengan berbagai lomba akademik, dan non akademik yang diadakan secara se Sumatera Selatan.

“Selama sebulan lalu kita buka dan hari ini total ada 43 SD dan 71 SMP se-Sumsel yag ikut serta.  Ada 425 peserta SD dan 661 peserta SMP. dengan total ada 1086 peserta lomba AFC ini,” kata Alhakim merinci jumlah peserta AFC ini.

Baca juga:   Siswa SMP IT Al Furqon Palembang Belajar Sejarah di Museum Balaputra Dewa

Perlombaan bidang SD antara lain Spelling bee, Baca puisi, Da’i dan Da’iyah, Adzan, Tahfidz Quran Juz 30, Futsal, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade PAI, Olimpiade Matematika.

Sedangkan perlombaan bidang SMP antara lain Spelling bee, Baca puisi, Da’i dan Da’iyah, Tahfidz Quran Juz 29 dan 30, Futsal, Basket, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade PAI, Olimpiade Matematika.

Hadir dalam pembukaan acara, Kasi Kurikulum SMP Kota Palembang, Zuhdi Bay. Dia mengatakan terdapat 163 SMP Swasta dan Negeri yang menerapkan  kurikulum merdeka salah satunya SMPIT Al Furqon.

Ia berharap dalam menjalani kompetisi di AFC ini,  peserta harus pintar, dalam arti sportivitas. Semua yang hadir merupakan perwakilan sekolah. Ia pesankan kepada peserta lomba bahwa jika akhirnya menang ataupun kalah harus ikhlas.

“Selama berkompetisi ini lakukan dengan sehat, dan pikiran yang cerdan dan berakal. Apa yang dilakukan hari ini sampai ktiga hari kedepannya akan menjadi berkah, sportif, berpikir menjadi cerdas. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Al Furqon Competition resmi dibuka,” ucap Zuhdi Bay.

Baca juga:   Cerianya Praktikum Biologi Siswa SMPIT Al Furqon Palembang Bersama Bunda Dina
Siswi SD jufa ikut menampilkan baca puisi pada ajang AFC tersebut. Foto : Trijumartini

Sementara itu, Kepala SMPIT Al Furqon Palembang, Sunyoto, S.Pd mengatakan kegiatan AFC berawal dari kegiatan Al Furqon Futsal Competition lalu kemudian dikembangkan menjadi berbagai macam lomba, tidak hanya perlombaan futsal saja.

“Pada saat itu sebelum pandemi kita adakan bersama unit SMA yang bernama Al Furqon Fantastic Competition, di tahun pandemi tidak dijalankan kegiatan ini. Sedangkan tahun ini kita laksanakan namun berpisah dengan unit SMA dan kita namakan AFC (Al Furqon Competition),” ungkap Ustadz Sunyoto.

Tilawah Alquran juga menjadi salah satu cabang yang diperlombakan di AFC 2023 ini. Foto : Trijumartini.

 

Dari tahun ke tahun jumlah peserta lomba terus meningkat dan jenis lomba selain dari akademik, non akademik, ada jenis lomba bersifat olimpiade (IPA, IPS, PAI, Matematika), olahraga dan Keagaamaan.

Selain untuk menjalin silahturahmi antar sekolah yang ikut AFC ini, kegiatan juga menjadi wadah untuk anak-anak agar bertanding secara sehat dan sportif.

Pertandingan Futsal menjadi totontan yang menarik para siswa di AFC ini. Foto : Trijumartini.

“Harapan kita dari tahun ketahun semakin berkembang dan dapat menjamah hingga tingkat nasional secara offline,”katanya sembari menambahkan bahwa untuk hadiah berupa Piala 1,2,3 dan Harapan 1,2,dan 3, sertifikat untuk seluruh peserta dan uang binaan. (*)

Reporter : Trijumartini

Editor      : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button