NEWS

Setelah Sukses di Sekolah Islam Terpadu, Kini  Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang Mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran

sitalfurqon.com  –Setelah sukses dan eksis di dunia pendidikan dasar dan menengah dengan konsep islam terpadu seperti PGIT/TKIT/SDIT/SMPTIT dan SMAIT Al Furqon, kini Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang berikhtiar  mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang.

Ikhtiar mulia tersebut ditandai dengan perwujudan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang yang berlokasi di Jalan Pondok Indah Kelapa Perumdam Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Senin, 4 Desember 2023 lalu.

Prosesi pemancangan keseriusan niat membangun sebuah perguruan tinggi yang bakal mencetak generasi muda qurani ini, berlangsung sederhana namun hikmat, yang dihadiri Ketua Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al-Furqon Palembang H Djuliar Rasyid, Direktur SIT Al Furqon Palembang Drs H Emil Rosmali, M.M MH, Kepala Bagian Pendidikan dan Pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang H. Bangun Lubis, Kepala SMAIT Al Furqon Ustadz Mahyudi S.Pd.,M.PD, Kepala Sekolah SMPIT Al Furqon, Sunyoto, S.Pd, Kepala SDIT Ustadz Zakiudin, Ustadz Khoiri Sutanto serta Manajemen SIT Al Furqon Palembang dan tamu undangan lainnya.

Seusai meletakan batu pertama yang menandakan dimulai proses pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang ini, Ketua Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al-Furqon Palembang H Djuliar Rasyid mengharapkan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang dapat mewujudkan generasi penerus yang mampu mengkaji, menerjemahkan, dan mengamalkan kandungan Al-Quran serta tafsirnya dalam pengembangan ajaran Islam serta mengajarkan hadist sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Semoga Pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ini berjalan lancar,” ucap Pak Haji, panggilan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pendidikan dan Pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang H. Bangun Lubis menambahkan, semua manajemen dan tenaga pendidik SIT Al Furqon seyogianya mendukung bagi terwujudnya pembangunan perguruan tinggi islam ini.

“Kita juga mengharapkan adanya simpati dan dukungan masyarakat luar untuk menyambut kehadiran Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAIT Al Furqon, Ustadz Mahyudi S.Pd.,M.PD mengungkapkan, pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ini merupakan salah satu cita-cita yang sudah lama diinginkan oleh Pak Haji Djuliar Rasyid terkait sebagai Ketua Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al-Furqon Palembang.

“Ini juga sekaligus menjalankan wasiat dari almarhumah Ketua Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Furqon Hj Desmawati yang semasa hidupnya punya keinginan untuk mewujudkan impian membangun sekolah tinggi ini,” ujar  Ustadz Mahyudi.

Baca juga:   Hadiri Wisuda Ke-9 dan Tahfidz SMAIT Al Furqon Palembang, Inilah Harapan Gubernur Herman Deru  
Para ustadzah SIT Al Furqon juga turut menghadiri hari bersejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang ini.

 

Alhamdulillah, lanjut dia,  hari ini tanggal 4 Desember bertepatan juga dengan hari kelahiran Umi Desmawati maka dimulailah proses pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran, jadi memang momentumnya dibuat di tahun ini,” ujar Kepala SMAIT Al Furqon Palembang ini.

Lebih lanjut Ustadz Mahyudi menjelaskan, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ini nanti rencananya ada dua prodi yakni Ilmu Al Quran dan Ilmu Hadits. Jadi difokuskan dua prodi itu.

Selain itu, lanjut Mahyudi, Direktur SIT Al Furqon Pak H. Emil berharap ini nanti menjadi training center bagi guru-guru di Yayasan., apalagi lingkungannya begitu tenang jauh dari hingar-bingar, itu sangat cocok sekali untuk masyarakat yang ingin memperdalam ilmu Al Quran khususnya nanti para pemuda-pemuda.

Bagi lulusan SMA yang ingin langsung memperdalam ilmu Al Quran di Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran nanti insya Allah ilmu yang mereka dapatkan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ustadz Mahyudi.

“Harapan kami itu untuk ilmu Al Quran ini bisa menjadi jawaban juga atas banyaknya keresahan-keresahan umat terkait siapa yang akan terus mengamalkan mempelajari ilmu Al Quran yang memang benar-benar secara kaffah. Kalau penjelasan dari Pak Emil tadi, juga untuk menghindari hadis-hadis yang palsu. Makanya dengan adanya Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ini bersumber dari Alquran dan hadisnya benar-benar diajarkan dengan baik.

Makanya ilmu yang didapat menjadi berkah dan benar-benar bermanfaat yang luar biasa untuk masyarakat yang akan menuntut ilmu di situ,” papar Ustadz Mahyudi.

Ketika ditanya berapa lama proses pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang, Ustad Mahyudi menerangkan, kalau dari penjelasan pihak developer yang membangun mereka menargetkan satu tahun untuk pembangunannya. Artinya kalau dihitung setahun ke depan itu bisa jadi beroperasional di tahun 2025.

“Tapi kita lihatlah karena pembangunan ini sangat tidak bisa diprediksi situasi-situasi yang ada. Tapi mudah-mudahan semakin cepat ini dibangun maka akan semakin baik juga untuk pengembangan lembaga ini. Insya Allah nanti pengembangnya sudah disiapkan yaitu pak Bangun Lubis, ikut berperan sebagai pengembang dari Sekolah Ilmu Al Quran Palembang ini,” katanya.

Ustadz Mahyudi mengungkapkan, untuk SDM Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang secepat mungkin akan disiapkan.

“Karena kalau tidak disiapkan SDM-nya nanti kesulitan kalau bangunan sudah siap secara fisik. Jadi memang dibutuhkan orang-orang yang menyusun kurikulum-kurikulumnya, menyusun pondasinya Impian besar dari lembaga ini nanti kita akan memajukan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran ini menjadi salah satu yang terbaik di kota Palembang, dan di Sumatera Selatan. Kalau Allah meridhai bisa terbaik sampai di tingkat nasional. Makanya dibutuhkan SDM yang mampu memiliki visi ke depan karena kita harus mendidik ini sesuai zamannya,” bebernya.

Baca juga:   Contoh Amanat Pembina Upacara Bendera Hari Senin Berjudul Tanggung Jawab Siswa di Sekolah

Apalagi, sambung Ustad Mahyudi, masa depan tantangan SDM-nya nanti di 2045 berarti 100 tahun Indonesia merdeka dan itu bonus demografi, banyak kaum muda.

Jika kaum muda tidak dibekali dengan ilmu Al Quran dan dengan hadis yang baik maka mereka akan mengalami kemunduran negara ini.

“Bukan tambah maju tapi akan menjadi mundur, oleh sebab itu libatkan lah ilmu agama dalam pola pikir mereka dalam aqidah mereka agar mereka menjadi orang-orang yang memimpin di tahun 2045 adalah pemimpin yang berakhlak,” ucapnya.

Ustad Mahyudi berharap, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Palembang ini akan menjadi sarana masyarakat untuk memperdalam ilmu Al Quran dan hadis.

“Kedua adalah harapannya dengan adanya Sekolah Tinggi ilmu Al Quran ini akan mendatangkan keberkahan bagi masyarakat di kota Palembang, dan Sumsel, karena mereka terus mempelajari ilmu Al Qran, mereka terus mentadabburi Al Quran.

Ketiga, harapan kita ini Yayasan Al Furqon yang konsen terhadap ilmu Al Quran ini terus maju dan berkembang, karena sejak awal berdirinya yayasan ini adalah ingin mengembangkan, ingin mengamalkan ilmu Al Quran dan hadis yang benar-benar bersumber yang diajarkan yang disampaikan Rasulullah dan sahabat-sahabatnya,” tandasnya.

Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang sudah lama berkiprah di dunia pendidikan dasar seperti PGIT/TKIT/SDIT dan pendidikan menengah dengan berdirinya SMPIT dan SMAIT Al Furqon, termasuk juga adanya Asrama IT boarding school. Sekolah dengan konsep islam terpadu ini sudah sangat dipercaya oleh para orangtua untuk pendidikan anak-anak mereka, sehingga SIT Al Fuqon dengan seluruh jenjang pendidikan tersebut bisa eksis dan telah mencapai usia 20 tahun. Dengan adanya pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran tersebut, maka makin lengkaplah jenjang pendidikan dibawah paying Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang ini. (*)

Reporter : Yanti

Editor     : Aspani Yasland

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button