NEWS

Mengawali Semester II Tahun 2024, Siswa SMPIT Al Furqon Palembang Ikuti Pembekalan Akhlak  

sitalfurqon.com–Alhamdulillah libur sekolah semester I Tahun Pelajaran 2023/2024 telah usai. Kini saatnya seluruh siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Furqon Palembang kembali mengikuti pembelajaran di sekolah. Sebelum memulai pembelajaran secara akademis di kelas, seluruh siswa mulai dari Kelas 7, 8 dan Kelas 9, terlebih dahulu harus mengikuti sebuah kegiatan pembinaan dengan materi akhlak mulia yang dikenal dengan kegiatan Penguatan Pembiasaan Akhlak atau PPA.

PPA adalah kegiatan yang dirancang untuk mengingatkan kembali seluruh siswa agar tetap berakhlak mulia islami secara terus-menerus atau istiqomah serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Panitia Kegiatan PPA Ustadz Muhammad Abbas, S.Pd.I,  mengemukakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk untuk membentuk siswa menjadi pribadi yang kuat iman, berakhlak mulia dengan berlandaskan kepada Alquran dan Sunnah.

Sedangkan Kepala SMPIT Al Furqon Palembang Ustadz Sunyoto, S.Pd., menandaskan, salah satu tugas guru ketika siswa telah kembali ke sekolah adalah mengingatkan kembali seluruh siswa agar tetap berakhlak mulia di manapun siswa berada. Guru-guru diminta untuk selalu mengingatkan siswa tentang aturan dan nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari, karena akhlak dan karakter siswa Insya Allah dapat diubah dan diarahkan menjadi lebih baik jika selalu diingatkan.

Baca juga:   SDIT Al Furqon Palembang Kembali Melepas Generasi Ahli Fikir, Ahli Zikir dan Ahli Ikhtiar

Kegiatan PPA SMP Islam Terpadu Al Furqon Palembang dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada hari Senin-Rabu, tanggal 8-10 Januari 2024. Kegiatan PPA dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB bertempat di masjid dan kelas masing-masing.

Selama pelaksanaan PPA, seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 terlebih dahulu melaksanakan pembukaan kelas, shalat dhuha dan zikir al ma’tsurat di kelas masing-masing. Setelahnya, seluruh siswa akan mendapatkan materi Asmaul Husna, Perbaiki Shalat Allah Perbaiki Hidupmu, Wudhu dan Masbuq, Jamak dan Qashar, Olahraga, Kejar Akhirat Dunia di dapat, Sisi Gelap Media Sosial, Surah Penting Selama Hidup, Jilbab Hanya di Sekolah? (Kewajiban Menutup Aurat), Jaga Lisanmu, Ilmu dan Adab serta Ibumu, Ibumu dan Ibumu.

Materi yang disampaikan berupa powerpoint, video-video edukasi, games kecil dan media pembelajaran lainnya yang dirancang secara menarik oleh guru-guru dan panitia PPA.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PPA, seluruh siswa akan melaksanakan penutupan kelas bersama wali kelas dan langsung bersiap-siap melaksanakan shalat dzuhur berjamaah serta makan siang.

Baca juga:   Siswa SMP IT Al Furqon Palembang Belajar Sejarah di Museum Balaputra Dewa

Akhlak memang penting bahkan sebelum menuntut ilmu, terlebih dahulu perkuat akhlak. Dan bagi umat islam, terutama kalangan anak-anak muda, untuk mempercantik akhlak itu sangat mudah karena kita umat islam ada contoh suri tauladan akhlak mulia yakni Rasulullah, Nabi Muhammad Saw, sebagaimana diterakan dalam quran surah Al Ahzab ayat 21 menyebutkan  yang artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

Jadi semua perbuatan, ucapan dari Rasulullah Saw adalah contoh yang kongkrit yang patut ditiru umatnya agar selalu memegang akhlak yang mulia dalam pergaulan sehari-hari.

Untuk memeroleh suri tauladan akhlakul karimah Nabi Muhammad Saw tersebut, maka sangat dianjurkan para siswa untuk menggemari dan membaca sirah nabawiyyah.

Dan benarlah apa yang diungkapkan oleh sahabat  Abu Hurairah ra  yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang baik. (*)

 

Reporter : Triry Watuna

Editor     : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button