FOTO UTAMAPRESTASI

Hasil Penerapan Dua Bidang Ilmu Pengetahuan di SIT Al Furqon Palembang

Harapannnya, siswa akan dapat ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum

Sitalfurqon.com Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang, merupakan salah satu sekolah yang mengamalkan pembelajaran tahfidzul quran. Para siswanya diajari bagaimana membaca Al Quran yang baik dan bisa juga menghafal Al Quran, menjadi hafidz al quran.

Sebagai sekolah Islam Terpadu, selain ilmu agama, SIT Al Furqon juga mengetengahkan pembelajaran seperti juga sekolah pada umumnya, yang mengetengahkan pelajaran matematika, iilmu pengetahuian alam, fisika dan ilmu yang terkait dengan berbagai cabang ilmu, sosiologi, kebudayaan bahkan menerapkan ilmu dalam praktik laboratorium.

Maka tidak heran, jika pada Sabtu (18/05-2024) lalu, gambaran itu terlihat nyata, ketika digelar acara Tasyakuran melepas siswa kelas 12 SMA SIT Al Furqon Palembang. Pada acara itu setidaknya dua sisi pembelajaran yang diketengahkan oleh SIT Al Furqon pun tergambar.

Terlihat bagaimana anak-anak SMA SIT Al Furqon Palembang dari mereka yang lulus terdapat 88 orang siswa yang mampu menghafal atau hafidz al quran, diantaranya 19 orang yang mampu menghafal hingga 17 , ada yang 13 juz ada 7 juz, 6 juz, 5 juz dan 3 juz.

”Sesuatu yang membanggakan keluarga dan sekolah,”ujar seorang ibu wali murid yang hadir saat tasyakuran itu.
Kesemua ini adalah berkat ketekunan anak-anak dan tentu didukung oleh guru yang tabah dan sabar dalam mengajari anak-anak.”Mereka tetunya tekun sehingga mampu menghafal al quran dalam tiga tahun mereka menjadi siswa di sini,’ujar Kepala Sekolah SMA SIT Al Furqon Paembang, Mahyudi M.Pd.

Kemudian prestasi yang gemilang yang diciptaklan oleh SMA SIT Al Furqon Palembang, terlihat dari jumlah siswa yang berhasil meraih predikat terbaik dan bisa lulus tanpa test melainkan lulus karena jalur undangan dan SMBP-PAN ( jalur Seleksi Mahasiswa Baru berdasarkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik (SMBP-PAN) Tahun Akademik 2024/2025.

Mereka akan menempuh pendidikan di Intitut Pertanian Bogor (IPB), Uviversitas Sebelas Maret, dan juga di fakultas kedokteran Unsri Palembang.” Kemudian, ada juga masuk diperguruan tinggi ternama di tanah air,”ujar Mahyudi menambahkan.

Baca juga:   AlQuran Mengatur Manusia Dalam Kehidupan

Begitu meriah dan mengharukan terlihat dari wajah-wajah orang tua wali siswa, yang ikut menemani anak-anak mereka dalam acara tasyakuran ini. Bahkan ada yang mengusap titik air mata, ketika anak-anak melantunkan lagi kebanggan mereka “Terimakasih Guruku”. Gambaran itu juga telihat diantara ibu guru ( atau disini dipanggil buda, oleh murid dan siswa), yang mengusap air mata haru.

kelebihan dari SIT AL Furqon Palembang

Satu yang menjadi kelebihan dari SIT AL Furqon Palembang, adalah kemampuan manajemen dan unit manajemen SIT Al Furqon Palembang, mengetengahkan pembelajaran yang mengedepakan kekhususan pada bidang ilmu agama Islam, dan pengetahuan umum, sebagaimana juga sekolah lainnya di tanah air.

Titik yang memfokuskan pada pendidikan agama Islam pada sekolah SIT Al Furqon, juga bagaimana memahami agama secara baik dan benar. Tentu pihak manajemen atau para tenaga pendidik – membekali diri mereka – dengan pendidikan agama yang baik pula. Sehingga, dua kutup antara siswa dan guru, menyatu dalam kecerdasan yang berdasarkan pada tuntunan agama. ” Sesi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah bagaimana tetap berfokus pada Al Quran dan Hadist, sebagai pedoman ummat dalam menjalankan agama dan kehidupan bersama sehari-hari.”ujar Kepala SIT Al Furqon Palembang, Agus Priyatmono, S.Pd, yang hadir dalam acara tasyakuran ini.

Selain itu, Kepala Bagian Kepegawaian dan Litbang, Ir Salaman, MP, C.GR, menyebut kondisi dua sisi antara agama dan pengetahuan umum, tentu menjedi salah satu yang dikedepankan selain kepada siswa, juga kepada para guru (bunda dan ustadz) tentunya.

Apalagi perkembangan ilmu dewasa ini terhadap seorang guru begitu pendting. Ilmu mereka haruslah terupdate, sehingga bisa menyeimbangi pengembangan karakter dan pengetahuan anak dalam pengamalan ilmu pengetahuan di masyarakat. ”Kecerdasan dua pihak, siswa dan guru, haruslah sejajar dan sebangun, agar keduanya bisa saling menerima dan memenuhi kemampuan ilmu pengetahuan mereka. Baik agama maupun ilmu pengetahuan unum,”ujarnya.

Baca juga:   Ustadz Riky Akbar Raih Juara Terkreatif BKSDA Se Sumsel

Ada Sabda Rasulullah SAW mengenai menuntut ilmu ini yakni Sabdanya: “Bepergian ketika pagi dan sore guna menuntut ilmu adalah lebih utama daripada berjihad fi sabilillah,” (HR. Dailami).

Dan dalam hadis lain, beliau menyatakan: “Barang siapa menempuh satu jalan [cara] untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga,” (HR. Muslim).

Tentu ini berlaku di SIT Al Furqon Pakembang, sebab dua sisi pengetahuan baik agama dan pengetahuan umum, wajib dipelajari seorang muslim, minimal paham dasar-dasar ajaran Islam. Selanjutnya, ia juga dituntut untuk menimba ilmu duniawi sesuai dengan bidang yang ia geluti sehari-hari.

Agaknya, kondisi semacam ini, kita terapkan di sekolah kit aini. Hasilnya alhamdulillah, sangat baik dan menunjang Pendidikan secara menyeluruh,”ujar Agus Priyatmono.

Sebuah keharusan dalam memenjalankan Pendidikan, sebagaimana Firman Allah, ‘ Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran,” (QS. Shad [38]: 29).

Begitupun bunyi ayat ini, “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majelis’, lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Mujadalah [58]: 11).

Tiada keinginan dari apa yang difirmankan Allah, melainkan menurutinya, agar seseorang dapat menuntut ilmu pengetahuan, baik agama maupun ilmu pengetahuan dalam pergaulan sehari-hari. Itu pula yang diwasiatkan kepada sisiwa dan semua yang terlibat dalam menjalankan Pendidikan di SIT Al Furqon Palembang, agar konsep ilmu agama dan ilmu pengetahuan sejalan secara bersamaan  dalam kehidupan .(*)

Penulis: Bangun Lubis

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button