FOTO UTAMANEWS

SDIT Al Furqon Palembang Kembali Melepas Generasi Ahli Fikir, Ahli Zikir dan Ahli Ikhtiar

Sitalfurqon.com — Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon Palembang kembali melepas generasi emas dengan predikat “Ahli Fikir, Ahli Zikir dan Ahli Ikhtiar”. Pelepasan Siswa Kelas VI yang sudah lulus tersebut dilangsungkan dalam seremoni tasyakuran  di Gedung Daarul Jannah, Kompleks SIT Al Furqon Palembang. Digelar pula, pemberian penghargaan kepada para siswa yang berprestasi dalam segala bidang.

Tasyakuran sebagai wujud berterima kasih kepada Allah Swt atas semua pencapaian para siswa Kelas VI tersebut, yang berlangsung, Sabtu, 8 Juni 2024 mengambil tema,   “Membentuk Alumni Ahli Fikir, Zikir dan Ikhtiar”.

Kepala SDIT Al Furqon Palembang Zakiudin,S.Pd,I mengatakan, kegiatan hari ini adalah tasyakuran pelepasan siswa kelas VI SD IT Al Furqon tahun ajaran 2023-2024.

“Dalam rangkaian kegiatan ini yang pertama kita pihak sekolah menyampaikan bahwa Alhamdulillah berdasarkan hasil keputusan rapat kepala sekolah, kemudian kita mengevaluasi proses mereka belajar selama 12 semester maka 100 persen siswa-siswi kelas VI SD IT Al Furqon dinyatakan lulus 100%. Hari ini kita menyampaikan kelulusan sebanyak 136 siswa,” ujar Zakiudin dihadapan para siswa dan orangtua serta para undangan yang hadir antara lain Ketua Dewan Pembina SIT Al Furqon Palembang, H Djuliar Rasyid, Direktur SIT Al Furqon Palembang Drs H Emil Rosmali, M.M MH, Kepala SIT Al Furqon Agus Priyatmono,SPd.

Selanjutnya tampak hadir adalah Kepala Litbang Kepegawaian SIT Al Furqon Ir.Salamah,M.P,CGR, Kepala Keuangan SIT Al Furqon Dwi Murni, SE, ada juga para kepala sekolah seperti  Kepala SMA IT Al Furqon Palembang Mahyudi,MPd, Kepala SMP IT Al Furqon Sunyoto,S.Pd, Kepala PGIT/TKIT Al Furqon Sartikah,SE,SPd, termasuk Kepala Asrama SIT Al Furqon Alfi Muhammad. Hadir sebagai penceramah Ustad Imam Mansur,Lc.

Baca juga:   Mereka Berprestasi dan Membanggakan SDIT Al Furqon Palembang

Selanjutnya, Kepala SDIT Al Furqon Palembang Zakiudin menuturkan,”kemudian yang kedua kita menyampaikan ucapan terima kasih kepada wali murid dan kembali mengembalikan siswa-siswi kepada wali murid untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi”.

Penceramah Ustadz Imam Mansur turut memberikan tausiyah pada acara Tasyakuran Kelas VI SDIT al Furqon Palembang tersebut. Foto : Yanti

Mengenai prestasi yang telah diraih para siswa,  Ustadz Zakiudin menuturkan, siswa-siswi IT Al Furqon ini beraneka ragam capaian prestasinya.

“Alhamdulillah siswa-siswi kelas VI tahun ini telah banyak mengharumkan nama Al Furqon  untuk kegiatan lomba-lomba tingkat nasional, tingkat provinsi maupun tingkat kota. Selain itu ada beberapa anak yang telah meraih prestasi di bidang akademik dan ada juga yang meraih prestasi di bidang hafalan Alquran. Yang terbanyak jumlah hafalan siswa SDIT Al Furqon adalah 6 juz,” katanya.

“Setiap siswa dan siswi itu telah kita laksanakan semuanya hafalan. Artinya 136 itu semuanya telah mengikuti setoran hafalan juz 29 dan juz 30. Namun selain mengevaluasi setoran hafalan kita tetap mengevaluasi.  Sistem evaluasi selama 1 bulan penuh untuk mengevaluasi daya hafalan yang telah dimiliki oleh siswa SDIT Al Furqon. Setelah dilakukan evaluasi dari 136 tersebut telah diberikan penghargaan sebanyak 20 siswa yang mampu menjaga hafalannya atau mutqin,” tuturnya.

Kemudian, sambung Ustad Zakiudin, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi. “Kami meyakini bahwa setiap anak itu memiliki potensinya masing-masing dan peran sekolah itu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Potensi kepada siswa itu meliputi pelajaran-pelajaran, ada juga yang diberikan penghargaan di bidang olahraga futsal, renang, karate, olimpiade ada yang cerdas cermat tingkat nasional. Jadi beraneka ragam jenis lomba-lomba tidak dari sisi hanya akademiknya saja tapi non akademik juga kita berikan penghargaan,” bebernya.

Baca juga:   SDIT Al Furqon Palembang Sekolah Penggerak, Apa Itu ?   

Kepada siswa yang sudah lulus, Ustadz Zakiudin berharap berdoa untuk siswa SD IT Al Furqon alumni SDIT Al Furqon yang pertama adalah tetaplah menjaga nama baik almamater sekolah. Karena perjalanan panjang selama 6 tahun itu telah membentuk dan terpatri menjadi perilaku yang akan dicerminkan oleh anak-anak Al Furqon.

“Maka di manapun kalian berada tentu nilai-nilai itu harus tetap melekat dan nilai-nilai itu harus tetap dijaga. Kemudian yang kedua, ustad dan bunda meyakini setiap anak anak memiliki potensi maka kenalilah potensinya masing-masing dan galilah potensinya masing-masing dan asah potensi masing-masing. Sehingga kalian dapat memberikan kebahagiaan mengharumkan nama orang tua berdasarkan potensi yang kalian miliki masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Penceramah Ustadz Imam Mansur,Lc mengatakan, dia senang dapat menghadiri kegiatan hari ini. “Anak anak disini memiliki banyak prestasi, kami sebagai orangtua mengatakan kalian luar biasa. Kalian bisa berprestasi dan menjadi pintar jangan lupa dengan yang memberi kepintaran yaitu Allah SWT,” katanya.

“Kalau bisa anak-anak melanjutkan ke SMP Al Furqon. Tapi kalau melanjutkan ke sekolah lain, jangan lupa dengan pendidikan yang kalian pelajari di SD Al Furqon, terutama hapalan Alquran. Karena  universitas sekarang sangat menghargai anak penghapal Alquran. Jagalah ilmu dan nilai nilai agama yang diterima di Al Furqon. Raihlah prestasimu dan selalu ingat Allah SWT,” ucap Ustadz Imam Mansur.

Dalam kegiatan tasyakuran tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada siswa dengan hafalan terbanyak Alquran. Kemudian juara kelas 1, 2 dan 3 nilai ujian satuan pendidikan terbesar.

Penghargaan  bagi siswa yang melaksanakan kegiatan prestasi akademik dan non akademik tingkat nasional, provinsi dan tingkat kota.(*)

Reporter : Yanti

Editor       : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button